Beranda kutim 150 Anggota Pramuka Ikuti Orientasi Saka Wira Kartika di Wahau

150 Anggota Pramuka Ikuti Orientasi Saka Wira Kartika di Wahau

357
0
Danramil Muara Wahau Kapten Inf Subardja mengalungkan tanda peserta orientasi.

SANGATAA (10/3-2018)
Sebanyak 150 orang anggota Pramuka dari sejumlah SLTA di Kongbeng dan Muara Wahau, sejak Sabtu (10/3) selama 2 hari mengikuti Orientasi Saka Wira Kartika Koramil 03 Muara Wahau. Orientasi yang dibuka Danramil Muara Wahau Kapten Inf Subarja, disaksikan Kapolsek Muara Wahau AKP Sukirno, Kepala Desa Wahau Baru Nurali, Ketua Saka Bayangkara Gunadi, Perwakilan Saka Bakti Husada Robi serta Pembina Saka Wira Kartika Pelda M Munir dan Sertu Harianto MS.
“Orientasi Saka Wira Kartika sebagai wujud nyata aparat kewilayahan dalam rangka turut serta membina generasi muda untuk meneruskan perjuangan generasi tua,” terang Danramil Kapten Inf Subarja.
Ia mengungkapkan, Pramuka, sebagai wadah pemuda untuk dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam mengisi pembangunan. Dalam amanatnya, Kapten Inf Subarja, menyebutkan generasi yang sehat, tidak terkena dampak Narkoba, cerdas, beriman dan bertaqwa merupakan generasi muda yang siap menerima tongkat estafet kepemimpinan di masa mendatang.
Generasi emas, ujar Subardja adalah generasi yang lahir dan siap menghadapi tantangan pembangunan. Ia akan menjadi generasi yang kuat seperti karang di laut luas yang tetap kokoh diterpa ganasnya ombat laut. “Menjadi generasi muda Indonesia yang kokoh harus dibangun sejak dini, seperti rajin belajar, empaty dengan sesama, melawan segala bentuk kegiatan yang merugikan diri sendiri, keluarga dan sekolah dan tak merasa puas dengan prestasi yang raih,” pesanya.
Ia menyebutkan, Muara Wahau sebagai daerah yang berkembang, perekonomian melesat cepat bahkan jauh dari perhitungan kebanyakan warga Muara Wahau. Namun, keberhasilan pembangunan sektor perkebunan kelapa sawit harus dijawab dengan kesiapan generasi mudanya dalam pembangunan di masa mendatang. “Saat ini kelapa sawit hanya menghasilkan CPO, namun kedepannya harus dijawab oleh generasi muda sekarang karena ada ratusan produk lainnya yang bisa digunakan dengan menggunakan CPO. Menjawab tantangan itu, anak-anak Muara Wahau harus sehat dan berani melawan segala bentuk perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang banyak seperti terlibat tawuran, Narkoba dan minuman keras,” imbuhnya.
Orientasi Saka Wira Kartika yang digelar Koramil Muara Wahau, diikuti SMA 1, SMK Muhammadiyah, SMK 1 Kongbeng, kemudian SMA 1dan 2 serta SMK 1 Muara Wahau. Selama 2 hari, mereka dibekali dengan berbagai materi antara lain baris berbaris ,survival, Kepramukaan termasuk wawasan kebangsaan.(SK11)