Beranda kutim Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim Bagun PIB

Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim Bagun PIB

0

Loading

Nur Ali – Kadis Kelautan dan Perikanan Kutim
DINAS Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Timur (Kutim) akan membangun Pasar Ikan Bersih (PIB) dengan tujuan memfasilitasi semua pedagang ikan. “PIB itu dibangun di komplek Pasar Induk Sangatta (PIS), Jalan Ilham Maulana, Sangatta Utara,” kata Kepala Dinas DKP Kutim Nur Ali,.
Ia menyebutkan, PIB nantinya hanya untuk pedagang ikan yang masih liar berjualan dengan memanfaatkan rumah dan bibir jalan serta trotoar. Ia menyebutkan, pedagang ikan yang berjualan disembarang tempat mengurangi keindahan dan estetika kota selain itu melanggar peraturan yang ada serta merebut hak pejalan kaki.
Nur Ali menambahkan, saat sudah dilakukan pendataan , meski belum seluruhnya. Ia mengakui yang didahulukan para pedagang yang berjualan diluar area pasar. “Setelah PIB siap, tidak ada alasan pedagang belum punya tempat,” tandasnya.
Ali berharap pembangunan PIB yang menggunakan dana bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan ini terealisasi di akhir 2017 atau paling lambat 2018. Sebagai fasilitas pendukung, ungkapnya, PIB akan dilengkapi labolatorium, mesin pembuat es, lahan parkir dan lainnya sehingga pedagang maupun konsumen merasa nyaman.
Ditegaskannya, bangunan dipastikan bisa menampung semua pedagang ikan meski lokasinya dibelakang lapak sayur PIS karena lahan yang tesedia ada 5 Ha, sementara PIB hanya butuh 2 Ha. Ali mengakui, PIB tiada lain agar pedagang ikan bisa punya pasar tersendiri dan memudahkan pembeli. (ADV23-Humas Kutim/HMS7)