Beranda KABAR KALTIM
59
0
Penyembelihan hewan kurban di Korem 091 ASN Samarinda.(foto Penrem 091 ASN)

SAMARINDA (31/7-2020)

Hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, yang jatuh pada akhir Juli 2020, berbeda dari biasanya karena pandemi. Pelaksanaan kurban harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Karena  wabah virus corona,   tata cara penyembelihan hewan kurban berbeda dan mengikuti protab protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun (3M) serta melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu masuk. “Semuanya itu dilakukan agar terhindar dari risiko penularan Covid-19,” terang Danrem 091/ASN Brigadir Jenderal Cahyo Suryo usia menyerahkan hewan kurban kepada panitia penyembelihan di lingkungan Korem ASN, Jumat (31/7) usai shalat Idul Adha.

Dalam siaran persnya, Penrem 091 ASN menerangkan Danrem 091 ASN Cahyo Suryo Putro, menandaskan pelaksanaan pemotongan hewan kurban merupakan suatu bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan sang pencipta alam semesta  di mana Allah SWT hanya menuntut keteguhan hati dan tingkat keimanan yang tinggi dari hambanya dalam menjalankan perintahnya.

Danrem Brigjen TNI Cahyo Suro Putro saat menyerahkan sapi kurba ia dan keluarga kepada Letda Inf Muhadi – Ketua Panitia Hewan Kurban Korem 091 ASN.

Kerelaan berkorban merupakan satu hal yang diperintahkan Allah SWT, termasuk berkorban untuk ikut melawan penyebaran virus Corona dengan cara tidak melakukan hal – hal yang dapat memyebarkan virus yang belum ada obatnya ini.

Terkait hewan kurban yang disembelih di lingkungan Korem ASN, dijelaskan satu ekor sapi diserahkan ke warga Karang Mumus dan satu ekor sapi dan kambing diserahkan ke Yonif 611 Awang Long agar dibagikan ke warga sekitar asrama.

Selain itu, daging kurban dibagikan kepada mustahaq di sekitar Korem ASN seperi anak yatim piatu, warakawuri, veteran, pondok pesantren dan panti asuhan yang ada di Kota Samarinda.

Di lingkungan Korem ASN, hewan kurban yang disembelih terang Letda Inf Muhadi sebanyak

11 ekor sapi dan 12 ekor kambing.(SK8)