Beranda ekonomi 4 Jamaah Dibawah ke Makkah Karena Resti, Hidari Kepadatan Melontar Terakhir Dilakukan...

4 Jamaah Dibawah ke Makkah Karena Resti, Hidari Kepadatan Melontar Terakhir Dilakukan Pukul 02.00 Dinihari

806
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (26/9)
Empat Jamaah Haji asal Kutai Timur (Kutim) terparksa melakukan nafar awal karena sakit sehingga dibawa ke pemondokan di Makakah, meski demikian kondisi jamaah yang sakit dalam pengawasan TKHI Kloter 7 Balikpapan.
Meski tidak menyebutkan nama-nama jamaah yang sakit, Haji Samsuri Basri – TPHD Kutim menerangkan ke 4 jamaah yang sakit merupakan jamaah resiko tinggi (Resti). “Diharapkan dengan perawatan di pemondokan di Makkah, jamaah yang tergolong Resti kembali sehat dan bisa melanjutkan ibadah lainnya menjelang pemulang ke tanah air,” terang Samsuri – pukul 14.12 WAS atau 19.12 Wita.
Disebutkan, setelah Tragedi Jalan 204, proses melontar jumrah berlangsung aman terlebih-lebih semua jamaah kembali mentaati jadwal – jadwal yang telah dibagikan pemerintah Arab Saudi. Dalam pesan singkatnya, Samsuri menjelaskan hari ini mereka melakukan melontar jumrah setelah shalat subuh, sedangkan nanti malam melontar pukul 02.00 WAS. “Kesemuanya menghindari kepadatan, terlebih-lebih banyak jamaah mengambil nafar awal yang hari ini,” terang Samsuri.
Terhadap melontar dinihari nanti, diakui menghindari kepadatan pada saat nafar sani sehingga jamaah Kloter 7 Balikpapan, tinggal diberangkatkan ke Makkah, Minggu (27/9) yang dijadwalkan setelah shalat dzuhur.
Pengaturan waktu melontar memang dibuat petugas Kloter 7 Balikpapan, ujar Samsuri karena jarak pemondokan dengan lokasi melontar sejauh 5 Km sehingga untuk melontar harus menempuh waktu 10 Km dengan waktu sekitar 2 jam lebih. “Jangankan yang tua-tua dan punya penyakit, yang muda saja ngos-ngosan karena cuacanya yang panas luar biasa yakni mencapai 44 derajate selsius,” ungkap Samsuri seraya menyebutkan jamaah haji lainnya dalam keadaan sehat dan selalu menggelar doa selama berada di pemondokan.(SK-05/SK-12)