Beranda ekonomi 5 Kali Raih WTP, Kutim Terima Penghargaan

5 Kali Raih WTP, Kutim Terima Penghargaan

172
0

SAMARINDA (21/10-2020)

                Pemkab Kutim yang berhasil mempertahankan prestasinya dalam penilaian BPK berupa predikat WTP, 5 tahun berturut-turut, mendapat penghargaan dan plakat dari Pemerintah RI. Penghargaan yang membanggakan jajaran Pemkab Kutim ini, diserahkan Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Pjs Bupati Kutim Jauhar Effendi, Rabu (21/10).

                Penghargaan seruap juga diterima Pemprov Kaltim, yang bersama Pemkot Samarinda, Balikpapan, Bontang, Pemkab Paser  sama-sama menerima predikat WTP sebanyak 6 kali, sementara Pemkab Kutim bersama Kubar meraih WTP sebanyak 5 kali, sementara PPU, Berau fdan Kukar serta Mahakam Ulu masing-masing 4, 3, 2 dan 1 kali.

Isran yang tampak gembira karena  seluruh daerah di Kaltim, Laporan Keuangan Tahun 2019 mendapat penilaian WTP, bersama  Kepala BPK-RI Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak Kaltim dan Kaltara, Kepala Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Kaltim dan Kaltara, Kepala Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur menaruh harapan prestasi yang diraih ditingkatkan.  “Kami bersyukur dan semoga tehun depan terulang lagi,” kata Gubernur Isran Noor disambut tawa undangan atas penghargaan yang diterima Pemprov Kaltim.

Iapun berharap  BPK-RI bekerja secara profesional dan tidak perlu takut memberikan penilaian terhadap kinerja tata kelola keuangan pemerintah daerah. “Apa pun hasilnya, terserah. Mau WDP kah, atau disclaimerkah namanya. Tidak apa-apa,” tegasnya.

Isran menandaskan,  penilaian dan pemeriksaan yang objektif BPK-RI tentu membuat semua pihak, terutama pemerintah daerah bekerja dan mengelola keuangan negara secara baik dan benar. Mantan Ketua Apkasi ini, menandaskan penilain BPK sangat penting. Selain, bentuk pertanggungjawaban penggunaan uang negara juga bentuk tranparansi, akuntabilitas, efetifitas dan efesian anggaran. “Kenapa penting, karena selain penggunaan anggaran yang bisa dipertanggungjawabkan, sekaligus menumbuhkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah,” ungkapnya.

Selain menyerahkan pengharhaan kepada kepala daerah, Gubernur juga menyerahkan penghargaan kepada Retno Safitri – pegawai BPKAD Bontang yang berhasil meraih predikatr  juara kedua Lomba Cerdas Cermat Akuntansi dan Muhamad Zarkasih – mahasiswa Untag Samarinda pada  finalis Lomba Cerdas Cermat Akuntansi kategori mahasiswa.(SK8)