Beranda kutim Adi Sutianto : Usulan Masyarakat Merupakan Kebutuhan

Adi Sutianto : Usulan Masyarakat Merupakan Kebutuhan

49
0

SANGATTA (2/3-2019)

Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim)  Adi Sutianto mengakui  banyak usulan masyarakat dalam Musrembang di berbagai kecamatan di Kutim. Usulan-usulan ini tentu merupakan kebutuhan, dan menurut masyarakat itu merupakan prioritas kebutuhan yang seharusnya direliasikan.  Karena itu, dia berharap, usulan-usulan itu bisa direalisasikan.

“Usulan musrembang itu merupakan kebutuhan masyarakat. Itu berdasarkan program prioritas mereka. Karena itu, kalau memang anggaran memenuhi, maka seharusnya di realisasikan,” katanya.

Namun, diakui, karena anggaran terbatas, maka pemerintah punya pertimbangan, mana yang paling prioritas, yang harus direalisasikan.  “Beda  dengan program desa membangun satu miliar, itu memang masyarakat di desa yang harus tentukan, untuk dilaksanakan,” katanya.

Namun untuk program pemerintah, yang prioritas ada lima, sebutnya, yakni jalan, listrik, air bersih, kesehatan dan pendidikan. “Kalau ini masuk usulan masyarakat, kalau ada anggaran maka itu pasti direalisasikan,” katanya.

Namun, khusus untuk Dapil IV, menurutnya, yang paling prioritas diusulkan masyarakat adalah jalan. Baik  jalan antar desa, kecamatan terutama jalan tani. “Ini perlu karena jalan ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk pertanian sekalipun,” katanya.

Selain itu, jalan juga bisa membuka akses ke lokasi wisata, apalagi, di Dapil IV, ini banyak objek wisata. Seperti jepu-jepu, saat ini sebenranyamasuk progtam pemerintah untuk perbaikan jalan di sana, namun karena anggaran tidak memungkinkan sehingga perbaikan jalan lambat. “Saat ini jepu-jepu juga sedang dipromosikan sebagai objek wisata. Termasuk dilakukan berbagai even-even di sana, sebagai salah satu langka promosi. Termasuk adakan perkemahan promuka di sana,” katanya. (ADV-DPRD KUTIM)