Beranda hukum Agar Pelayanan Terus Berjalan, Kasmidi Akan Tunjuk Plt

Agar Pelayanan Terus Berjalan, Kasmidi Akan Tunjuk Plt

406
0

SANGATTA (6/7-2020)

                Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang belum berencana melakukan kebijakan apapun terhadap sejumlah jabatan strategis yang kini “lowong” karena 3 pejabatnya ikut diamankan KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT), Kamis pekan lalu.

                Kepada wartawan, Kasmidi yang kini sebagai pemimpin Kutim menerangkan ia akan mempelajari aturan yang berlaku terhadap pengisian jabatan Kadis PU, Kaban BPKAD serta Kaban Bappenda Kutim. “Kepala Badan BPAKD, Bappenda dan PU  merupakan jabatan yang harus segera dicari pelaksana tugasnya karena menyangkut banyak pihak, karenanya saya akan minta advis Sekda dan Kepala BKD,” aku Kasmidi, Senin (6/7) siang.

                Kenapa tiga jabatan esselon dua yang ada segera ditunjuk Plt, ujar Kasmidi karena aktifitasnya berdampak terhadap pelaksanaan program di Kutim termasuk pelaksanaan Pilkada, Penanganan Covid 19 serta pembangunan lainnya.

“Bapenda merupakan  tempat pengelolaan penerimaan daerah termasuk masyarakat membayar pajak dan sebagainya, sementara di BPKAD harus ada penanggungjawabnya karena terkait  pembayaran gaji, insentif dan biaya pekerjaan pihak ketiga yang wajib diselesaikan,” ungkap mantan anggota DPRD Kutim ini.

Disinggung figure-figur yang akan ditempatkan sebagai Plt, Kasmidi belum menyebutkan namun ia mengakui akan menempatkan orang-orang berpengalaman sehingga persoalan yang dihadapi Kutim selama ini segera tuntas sesuai pesan Gubernur Isran Noor.

Sekedar diketahui, 3 pejabat Pemkab Kutim yakni Mus – Kepala Bappenda, Sur – Kepala BPKAD dan Asw – Kepala Dinas PU ikut diamankan KPK ketika melakukan OTT terhadap Bupati Is dan Ketua DPRD EUF.

Sesuai UU ASN, pejabat yang terlibat tindak pidana untuk sementara waktu jabatan yang ada diisi dengan menunjuk pejabat lain sebagai Plh atau Plt agar roda organisasi tetap berjalan terutama dalam pelayanan publik.(SK3/SK5)