Beranda hukum Agustina Luncurkan Proyek Pilot Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila

Agustina Luncurkan Proyek Pilot Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila

1002
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (6/10)
Pemahaman masyarakat akan Pancasila semakin tahun semakin tergrus, bahkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila kerap tidak diamalkan sehingga konflik dan pertentangan dalam kehidupan berbangsa bernegara terganggu. “Saatnya pemahaman akan arti Pancasila kembali digalakan, ditanamkan dalam sendi berkehidupan berbangsa dan bernegara sehingga cita-cita Indonesia yang aman dan damai benar-benar terwujud, NKRI semakin kokoh, jiwa patriot anak bangsa semakin tinggi serta saling toleransi,” kata Abdul Kadir – Kepala Badan Kesbangpol Kutim saat membuka Pilot Project Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila yang diselenggarakan Agustina Palayukan – peserta Diklat Pimp IV Angkatan VIII Kutim, Kamis (6/10).
Dihadapan sejumlah tokoh adat, masyarakat, pemuda serta pelajar yang berjumlah 40 orang, disebutkan Abdul Kadir – dalam era modern dan reformasi, upaya-upaya megaburkan nilai-nilai Pancasila sudah dilakukan dengan alasann kebebasan dan HAM, namun kenyataannya akibat kebebasan dan HAM justru semakin menimbulkan pertentangan yang mengarah konflik sosial. “Project Pilot Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila yang digelar Agustina Palayukan, merupakan langkah tepat untuk bangsa Indonesia kembali menggelorakan semangat dan jiwa Pancasila dan kehidupan sehari-hari seperti semangat gotong royong yang telah memudar,” ungkap Abdul Kadir.
Kegiatan yang digelar Agustina Palayukan, diakui Abdul Kadir patut didukung Kesbangpol Kutim bahkan ia berjanji akan mengadopsinya bisa dimasukan kedalam program kerja Kesbangpol Kutim pada tahun-tahun mendatang.
Agustina yang sehari-harinya menjabat Kasubdit Ketahanan Ideologi Negara dan Wasbang pada Badan Kesbangpol menerangkan projek pilot yang ia gelar melihat kondisi saat ini dimana Pancasila sebagai dasar negar “sudah” diabaikan. “Diharapkan melalui projek pilot yang saya garap ini bisa mendorong pihak manapun untuk tetap menegakan Pancasila sebagai dasar negara, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya seraya menambahkan selama sosialisasi digelar disajikan tiga materi dengan nara sumber Kaban Kesbangpol, Kabid Politik Dalam Negeri serta Kabid Ideologo Wasbang dajn Kewaspadaan.
Selain sosialisasi, Agustina dalam melaksanakan kegiatan projek pilotnya juga memasang sejumlah spanduk, serta menyebarkan imbau kepada masyarakat terkait peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2016.(SK13)