Beranda hukum Akhirnya Pemkab Kutim Tuntaskan Masalah Lahan di KIPI Maloy

Akhirnya Pemkab Kutim Tuntaskan Masalah Lahan di KIPI Maloy

89
0
BERBAGI

SANGATTA (16/4-2018)
Pelan namun pasti, itulah yang dilakukan Pemkab Kutim dalam menangani lahan di Kawasan KIPI Maloy Kaliorang. Dari

Kondisi jalan yang dibangun di kawasan KIPI Maloy Kaliorang
kawasan yang ada, 4 lokasi yang belum terselesaikannya pembebasan akhirnya bisa diselesaikan berkat kerjasama dan dukungan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kaltim serta Kementrian Agraria dan Tata Ruang.
Mugeni – Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Kutim mengaku puas dan senang setelah menyelesaikan pembebasan lahan pelabuhan Maloy yang selama ini terus terkendala. “Dari 8 hektar yang ada terdapat empat hektar yang belum tuntas beberaap tahun terakhir, alhamdulillah berkat dukungan Kanwil BPN serta Kementrian Agraria dan Tata Ruang bisa diselesaikan meski terlambat,” terangnya, Senin (16/4).
Dijelaskan, Pelabuhan Maloy proyek strategis yang menjadi perhatian pemerintah pusat. Karena itu, ujar Mugeni, pemerintah pusat terus mendesak Pemkab Kutim segera menuntaskan lahan seluas 8 hektar dari total lahan seluas 518 hektar yang harus dibebaskan.
Ia mengakui, awalnya, Pemkab Kutim mengalami kesulitan karena surat menyurat kepemilikan tidak jelas di bagian hukum sehingga dilakukan enclave. “Dengan selesaianya masalah lahan di KIPI Maloy, pemkab segera menyelesaikan pembayaran PNBP terhadap lahan seluas empat hektar, sehingga ditargetkan akhir Bulan Mei mendatang seluruh lahan sudaj bersertifikat,” tandasnya.(ADV-KOMINFO)