Beranda kutim Anggota Saka Wira Kartika Kutim Dibekali Makna 5 Krida

Anggota Saka Wira Kartika Kutim Dibekali Makna 5 Krida

261
0
Sertu Harianto saat mengenalkan 5 Krida bagi anggota Saka Wira Kartika Kutim.

SANGATTA (29/12-2018)              

Seorang anggota Pramuka, mempunyai peran penting dalam masyarakat selain menjadi pemuda yang handal dan siap menerima tongkat estapet kepemimpinan, juga handal ketika terjadi bencana alam. Namun,sebagai anak bangsa yang peka dengan masalah sosial, kata Sertu Harianto – Babinsa Desa Marah Halok Kecamatan Telen, harus sudah terlatih.

                Pesan itu dikemukannya Sertu Harianto dihadapan peserta anggota Saka Wira Kartika yang mengikuti Perkemahan Peran Saka Tahun 2018 yang digelar Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim di Pantai Jepu-Jepu Desa Sekerat Bengalon, Sabtu (29/12).

                Menurut Harianto,ada 5 Krida yang wajib diperhatikan anggota Saka Wira Kartika yakni  Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan  Krida Penanggulangan bencana alam. “Berdasarkan Peraturan bersama Kasad dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan, anggota Saka Wira Kartika wajib meningkatkan kemampuannya agar menjadi anggota masyarakat yang handal dan peduli, terlebih ketika terjadi bencana alam namun tetap menjaga safety,” pesan Harianto.

                Yang tak kalah pentingnya, pesan Harianto, anggota Saka Wira Kartika harus tabah dan tahan dengan kondisi alam jika sedang melaksanakan tugas pada saat terjadi bencana alam. “Keselamatan korban lebih utama dari kepentingan pribadi, apapun kondisinya,” imbuhnya.(SK11)