Beranda KABAR KALTIM Antisipasi Bencana Alam : Korem ASN Gelar Latihan Posko Sampan Manuntung 01

Antisipasi Bencana Alam : Korem ASN Gelar Latihan Posko Sampan Manuntung 01

74
0
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto saat mengecek peralatan penanggulangan banjir yang digelar di Makorem 091 ASN Samarinda. (Foto Penrem 091 ASN)

SANGATTA (3/9-2019)

Mengantisipasi bencana alam di Kaltim, dan meningkatkan  kesiapsiagaan dalam tanggap darurat bencana alam, Korem 091 Aji Surya Natakesuma (ASN), Selasa (3/9) menggelar  latihan Posko I “Sampan Manuntung 01” Bencana Alam Banjir di Aula Wira Yudha Korem 091 ASN.

Pelatihan yang bertemakan   “Korem 091/ASN  melaksanakan operasi bantuan kepada Pemda di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka membantu penanggulangan bencana banjir” akan dilakukan  latihan taktis tanpa pasukan dibuka Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.

“Latihan Posko I bertujuan melatih unsur komandan dan staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuan, baik  dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” terang Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.

Dihadapan peserta pelatihan, Pangdam Mayjen TNI Subiyanto menandaskan Latihan Posko I Korem 091 ASN  memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 091/ASN dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas ke-wilayahan, terutama dalam memberikan bantuan kepada pemda untuk meng-atasi penanggulangan bencana alam yang terjadi.

Disebutkan Pangdam, peran TNI membantu Pemda dalam penanggulangan bencana alam merupakan aplikasi pelaksanaan tugas dan tanggungjawab pemerintah daerah dan  Korem sesuai dengan UU  penanggulangan bencana alam.

Pangdam menilai, masalah banjir menjadi materi pelatihan yang dilakukan Korem ASN tepat karena penanggulangan bahaya banjir di wilayah Korem ASN,   banjir yang sering terjadi seperti Samarinda, Kubarm, Kukar, Balikpapan dan Kutim.

Di sisi lain, pelatihan juga  mengantisipasi banjir, pelatihan juga menguji berbagai protap satuan dalam penanggulangan bahaya banjir  melalui  aturan pelibatan semua stake holder apabila terjadi bencana guna mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya korban jiwa dan kerugian lainnya, tuturnya. “Saya minta semua kekuatan yang ada di Korem ASN tanggap jika terjadi bencana alam, segera lakukan koordinasi dengan Pemkab serta pihak-pihak terkait lainnya agar korban bisa diminimalisir,” pesan Pangdam dalam acara yang dihadiri Danrem 091 ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono serta sejumlah pejabat Kodam Mulawarman dan Korem ASN serta Dandim se Kaltim dan Kaltara.(Penrem ASN/SK8)