Beranda ekonomi Antisipasi Penularan Covid-19, Keluarga Besar Lanal Sangatta Lakukan Tes Rapid Massal

Antisipasi Penularan Covid-19, Keluarga Besar Lanal Sangatta Lakukan Tes Rapid Massal

381
0
Giat rapid tes di lingkungan Lanal Sangatta, Jum'at (2/10/2020)
Giat rapid tes di lingkungan Lanal Sangatta, Jum'at (2/10/2020)

Sangatta (2/10-2020)

Terus bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam sepekan terakhir, membuat Lanal Sangatta mawas diri. Selain memperketat penerapan protokol kesehatan, penjaga perairan Kutim ini juga rajin berolaharaga demi menjaga imun tubuh.

Tak hanya itu saja, sebagai bentuk antisipasi terhadap penularan dan penyebaran Covid-19, Jumat (2/10/2020) pagi, seluruh prajurit dan Ibu Jalasenastri Lanal Sangatta melakukan pemeriksaan Rapid Test Diagnostic (RTD) Covid-19, sejak pukul 09.00-11.00 WITA di Hall Mako Lanal Sangatta, Kawasan Perkantoran Pemerintah Kutim-Bukit Pelangi.

Komandan Lanal (Danlanal) Sangatta Letkol Laut (P) Osben A Naibaho M.M. M.Tr.Hanla, melalui kegiatan tes rapid berharap agar penyebaran Virus Corona khususnya di lingkungan Mako Lanal Sangatta dapat terdeteksi. Sehingga sekecil apapun potensinya dapat segera ditangani oleh tim medis. Selain itu, tes rapid dilakukan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-75 Tahun 2020 ini juga melibatkan masyarakat sekitar yang berada di lingkungan Bukit pelangi Sangatta.

“Bersyukur, dari kegiatan rapid test massal, hasilnya keluarga besar Lanal Sangatta, baik prajurit maupun ibu-ibu Jalasenastri dinyatakan non reaktif. Begitu juga dengan masyarakat yang ikut tes rapid. Kita berharap ini menjadi indikasi bahwa keluarga besar Lanal Sangatta bebas dari Covid-19,” sebut Danlanal Osben.

Meski dari hasil tes rapid seluruh prajurit Lanal Sangatta dinyatakan non reaktif, namun dirinya tetap menginstruksikan agar jajarannya terus mematuhi protokol kesehatan, dengan cara menjaga jarak, menggunakan masker serta rutin mencuci tangan.

“Meski hasilnya semua (prajurit, red) dinyakatan non reaktif, tetapi saya tetap mengistruksikan agar jajaran Lanal Sangatta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan dan penyebaran Virus Corona. Tetap menjaga jarang, disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum maupun sesudah beraktivitas. Selain itu, juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat dan bergizi serta rajin berolahraga,” ujar Osben.(SK-01/SK-03/SK-08)