Beranda ekonomi Atasi Kelangkaan Transportasi Ke BP, KPC Bantu 2 Unit Bus

Atasi Kelangkaan Transportasi Ke BP, KPC Bantu 2 Unit Bus

958
0
Bupati Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang saat mencoba bus bantuan PT KPC yang nantinya digunakan pegawai dan masyarakat.

SANGATTA,Suara Kutim.com (2/4)
MoUMemenuhi harapan masyarakat adanya angkutan dari simpang tiga Pendidikan ke Bukit Pelangi (BP), sejak Jumat (1/4) Pemkab Kutim menyediakan 2 unit bus bantuan PT Kaltim Prima Coal (KPC). Armada berkapasitas 30 orang ini, disediakan PT KPC sebagai bentuk kemitraan. Bus yang dikontrak selama satu tahun ini, disiapkan untuk memudahkan masyarakat dan pengawai pemerintahan. “Hingga saat ini belum ada angkutan umum yang melayani rute Pendidikan menuju Bukit Pelangi,” kata Bupati Ismunandar.
Program bus gratis rute Pendidikan-Bukit Pelangi, diakui Ismunandar, terinspirasi dari kondisi ril masyarakat dan pelajar di sepanjang jalan Pendidikan yang kerap kesulitan mendapatkan angkutan umum. Sebagai bupati, ia mengaku sedih setiap kali melihat masyarakat terpaksa menyetop kendaraan orang lain untuk menumpang ke Bukit Pelangi dan sebaliknya. “Saya sedih kalau melihat masyarakat kita kalau mau ke Bukit Pelangi melambai-lambai dulu, mau cari tumpangan. Pulangnya begitu juga, menunggu yang mau turun. Padahal Bukit Pelangi adalah pusat layanan masyarakat. Sementara taxi belum mau, maunya carter,” ujar Ismunandar.
Perasaan Ismunandar ini ternyata juga dirasakan keluaga besar KPC, sehingga ketika diajak pemkab merumuskan mengatasi kesulitan tranportasi ke Bukit Pelangi , KPC sebut Manager Project Management and Evaluation (PME) Louise G Pessireron, menyambut baik. “Kami melihat Bupati dan Wakil Bupati memiliki kepedulian yang tinggi kepada seluruh warga masyarakat. Karena KPC menyambut baik harapan Bupati dan Wakil Bupati kehadiran transportasi termasuk shuttle bus ini sehingga dapat meningkatkan kinerja pelayanan pemerintah Kutai Timur,” kata Louise.
KPC, kata Louise mengharapkan keberadaan shuttle bus meningkatkan jalinan komunikasi antara masyarakat, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan DPRD Kutai Timur. “Semoga bus ini semakin melancarkan hubungan dan komunikasi yang baik antara masyarakat dan seluruh SKPD yang ada di Bukit Pelangi, termasuk dengan DPRD,” kata Louise.
Terhadap jam pengoperasian kedua bus, disebutkan Louise akan dikelola Dinas Perhubungan dan Kominfo Kutim terutama jam pemberangkatan dan serta rute selama di Bukit Pelangi.(K-05/SK-11)