Beranda kesehatan Bahrani : Penyediaan Alkes Diupayakan Sesuai Kemampuan Keuangan

Bahrani : Penyediaan Alkes Diupayakan Sesuai Kemampuan Keuangan

58
0
Bupati Kutim Ismunandar saat meresmikan RS Pratama Sangkulirang, beberapa waktu lalu.

SANGATTA (24/10-2018)
Meski baru beberapa bulan Rumah Sakit Pratama (RSP) Sangkulirang berubah status menjadi RSU Tipe D, namun upaya memenuhi sarana dan prasarana RSU Sangkulirang, terus diupayakan. Dinkes Kutim, kata Kadis Kesehatan Kutim, Bahrani, upaya melengkapi berbagai peralatan kesehatan yang diisyaratkan termasuk penyediaan tenaga medisnya

Kendaraan operasional dokter spesialis RS Pratama Sangkulirang yang berubah menjadi RSU Sangkulirang.
dilakukan sepanjang dana mendukung.
Bahrani kepada Suara Kutim.com belum lama ini menyebutkan mendukung operasional RSU tipe D, Pemkab mensuplai alat kesehatan yang dibutuhkan. “Cepatnya RS Pratama Sangkulirang naik kelas karena syaratnya sudah terpenuhi seperti ada dokter spesialis Penyakit Dalam, Dokter Anastesi, Dokter spesialis anak, dokter spesialis bedah sehingga sudah boleh melakukan operasi,” terang Bahrani.
Meski demikian, Bahrani mengakui dokter spesialis yang ditempatkan RSU Sangkulirang masih kontrak karenanya dokter spesialis setiap tahun digilir seperti mensuplai dari RSU Kudungga. “ Jika penganti dokter spesialis yang habis masa tugas terlambat datang, disiapkan dokter spesialis dari RS Kudungga untuk penganti sementara. Ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan,” jelasnya ketika ditanya status doktger spesialis di RSU Sangkulirang.
Menyinggu peralatan keseahatan, Bahrani mengakui, pemkab terus menambah baik untuk Puskesmas maupun RSU. Disebutkan, Beberapa alat kesehatan kini tinggal menunggu waktu untuk diserahkan karena untuk menunjang pasien rawat inap. “Mau tidak mau, pemkab harus menyediakan anggaran karena masalah Alkes untuk Puskesmas dan RSU yang ada masih kurang, karenanya terus ditingkatkan demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta pelayanan publik,” beber mantan direktur RSU Kudungga ini.(SK2)