Beranda kutim Bebaskan Sangatta Dari Banjir, Pemkab Usul Pembuatan Bendungan Senilai Rp1 T

Bebaskan Sangatta Dari Banjir, Pemkab Usul Pembuatan Bendungan Senilai Rp1 T

813
0
Kawasan Sangatta Selatan yang kerap dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Sangatta

SANGATTA (16/7-2017)
Penanggulanan banjir di Sangatta yang telah disusun Pemkab Kutim diantaranya membuat bendungan. Bahkan rencana pembuatan bendungan ini sudah masuk dalam masterplan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur.
Kepala Bappeda Kutim, Sumarjana menyebutkan pembangunan bendungan Sangatta menjadi salah satu program Pemkab Kutim dalam upaya penanggulangan banjir di Sangatta. Namun karena dianggap berat baik anggaran maupun pekerjaannya, sehingga masuk dalam perencanaan jangka panjang.
Diuraikan, pembangunan Bendungan Sangatta masuk dalam proses revisi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kaltim sejak 2015 lalu. Namun terbentur dengan kewenangan dan perhitungan seberapa luasan daerah rendaman bendungan. “Pembuatan bendungan itu diperkirakan menelan dana hingga Rp1 triliun,” teran Sumarjana ketika ditanya dana yang dibutuhkan.
Ia mengakui, besarnya estimasi pembiayaan membuat Pemkab Kutim berharap pembuatan bendungan ini bisa masuk dalam salah satu program nasional yang dibiayai melalui APBN. Selain itu, fungsi Bendungan Sangatta ini juga nantinya akan menjadi salah satu penjamin ketersediaan air baku PDAM Sangatta bahkan budidaya perikanan. (SK3)