Beranda ekonomi Berkat Kemitraan, Petani Sawit di Telen Semakin Sejahetra

Berkat Kemitraan, Petani Sawit di Telen Semakin Sejahetra

122
0
Camat Telen Edy Sofyansyah bersama Kades serta Kepala Adat Muara Pantun, serta Sekcam Syahrin.

SANGATTA (30/1-2019)

                Petani kelapa sawit di Kecamatan Telen bersyukur telah bermitra dengan perusahaan baik melalui koperasi maupun plasma. Meski harga CPO dunia anjlok dan berdampak terhadap harga Tandan Buah Segar (TBS) di beberapa kecamatan, ternyata petani kelapa sawit di Telen tetap merasakan harga di atas Rp 1.000 perkilogram sesuai keputusan Pemprov Kaltim.

                Camat Telen Edy Sofyansyah,  Kades Muara Pantun, Amaria dan Kepala Adat Syahbuddin, belum lama ini mengemukan kerjasama baik langsung ke perusahaan maupun koperasi. “Alhamdulillah, warga yang punya kebun kelapa sawit salama ini tidak merasakan dampak masalah CPO yang membuat harga TBS ambruk, karena telah bermitra dengan perusahaan,” kata Camat Edy Sofyan.

                Dalam pertemuan dengan jajaran PWI Kutim yang menggelar Safari Jurnalistik ke Telen, diakui kehadiran perusahaan kelapa sawit yang mengandeng masyarakat, memberi angin segar bagi masyarakat.

                Sebagai Kades Muara Pantun, Armia menyebutkan kemitraan yang baik selama ini menjadikan Muara Pantun aman dan tertib. “Selama ini, tidak ada masalah apapun dengan perusahaan kelapa sawit semua berjalan harmonis dan saling menguntungkan,” terangnya.

                Sementara Syahbuddin – Kepala Adat Muara Pantun mengungkapkan hubungan kerjasama yang dibangun perusahaan dengan masyarakat, juga dirasakan ia sebagai kepala adat karena perusahaan ikut memperhatikan pelestarian ada di Muara Pantun. “Awalnya kami khawatir memang, tapi kini sudah merasakan. Yang membanggakan, banyak anak-anak Telen terutama di Muara Pantun yang sudah bekerja dengan penghasilan cukup,” sebut Syahbuddin seraya menambahkan kini banyak warga Telen mempunyai tabungan di bank.(SK11)