Beranda ekonomi Berkat Tabungan Kurban : Di Masjid Baitul Maal Jumlah Hewan Kurban Bertambah

Berkat Tabungan Kurban : Di Masjid Baitul Maal Jumlah Hewan Kurban Bertambah

213
0
Panita Kurban Masjid Baitul Maal saat membersihkan sapi yang disembelih.

SANGATTA (1/8-2020)

                Meski dalam kondisi ekonomi memprihatinkan akibat mewabahnya Corona, ternyata kepedulian warga Gang Taruna Jalan Diponegoro Sangatta Utara untuk berkurban tak ikut merosot. Ini tergambar saat dilakukan pemotongan hewan kurban tahun 2020 di Masjid Baitul Maal dimana jumlah hewan yang dikurbankan bertambah dari tahun 2019 lalu.

Pembagian daging yang menggunakan kupon berlangsung aman dan tertib serta menerapkan Prokes.

                Supriatno – Ketua Pengurus Masjid Baitul Maal menerangkan hewan kurban yang disembelih sebanyak 14 ekor terdiri sapi dan kambing masing-masing 7 ekor. Tahun lalu, terangnya, sapi yang disembelih sebanyak 6 ekor sama dengan kambing.

                Hewan kurban yang disembelih di sebuah tanah kosong milik warga ini, dibawa ke Masjid Baitul Maal untuk dibersihkan dan dibagikan kepada warga Gang Taruna dengan menukarkan kupon. “Alhamdulillah, proses penyembelihan hingga pembagian daging berjalan lancar dan aman bahkan tidak terjadi penumpukan massa sehingga tetap dalam koridor protokol kesehatan,” terangnya.

                Bersama pengurus masjid lainnya, disebutkan untuk melaksanakan hewan kurban, pengurus masjid membuka bank kurban dimana peserta kurban untuk sapi berjumlah 7 orang dengan waktu pembayaran iuran selama 10 bulan. “Dengan cara setor setiap bulan, masyarakat bisa berkurban dan program ini diterus dilanjutkan untuk Idul Adha tahun 2021 mendatang,” bebernya.

                Diakui hewan kurban yang disembelih selain dari program tabung kurban, juga ada dari warga masyarakat yang menyerahkan hewan kurbannya untuk disembelih melalui panitia kurban Masjid Baitul Maal. “Sapi dari warga langsung ada empat ekor, sedangkan kambing semuanya dari warga yang dikelola masjid ada  tiga ekor sapi,” timpal Inas salah satu panitia pemotongan hewan kurban Masjid Baitul Maal.(SK5)