Beranda hukum Bersama Kecamatan, Dukcapil Kutim Rekam Data Warga Hingga Pedesaan

Bersama Kecamatan, Dukcapil Kutim Rekam Data Warga Hingga Pedesaan

406
0

SANGATTA (5/3-2018)
Mempercepat dan mempermudah perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur, jembut bola dengan melakukan perekaman di desa.
Kepala Disdukcapil Kutim, Januar Harlian Putra Lembang Alam, menyebutkan proses jemput bola dengan melakukan perekaman langsung masyarakat terutama yang ada di desa ini sudah dilakukan sejak bulan Januari tadi dan hingga kini masih berlangsung.
Meski demikian, ia mengakui, tidak bisa dilakukan secara kontinue karena keterbatasan dana operasional. “Proses perekaman yang dilakukan Disdukcapil Kutim ke desa ini juga dibantu oleh tenaga operator E-KTP di kecamatan,” terangnya.
Dijelaskan, saat ini pemberian edukasi kepada operator E-KTP di kecamatan dilakukan, berupa informasi bahwa alat perekaman yang ada di kecamatan saat ini tidak hanya bisa online langsung ke pusat, namun juga bisa online ke Disdukcapil Kabupaten dan bisa juga digunakan secara offline.
Dengan offline,diakui Januar, memudahkan operator E-KTP kecamatan turun ke desa dan melakukan perekaman. Setelah data terkumpul, terangnya, semua data barulah di online ke Disdukcapil kabupaten dan pusat sehingga prosesnya berjalan lancar.
“Saat ini sudah ada 6 Kecamatan di Kutim yang sudah diberikan edukasi untuk bisa melakukan perekaman sendiri, langsung ke masyarakat,” terangnya.(SK3)