Beranda kutim Bersama Pangdam, Gubernur Tinjau Pemilu di Kutim

Bersama Pangdam, Gubernur Tinjau Pemilu di Kutim

114
0
Gubenur Kaltim Isran Noor saat meninjau pelaksanaan pemungutans suara Pemilu Tahun 2019 di Sangatta, ia disambut Ketua KPU Kutim Ulaf Jamiatul Farida.

SANGATTA (17/4-2019)

Prosesi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pilpres Tahun 2019  berlangsung aman dan  lancar, meskipun dikhawatir pemilih  kesulitan dalam mencoblos, karena tidak adanya foto caleg, namun ternyata berlangsung lancar.

Karena banyaknya pilihan,  sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama bagi masyarakat untuk mencoblos. Namun, dari beberapa TPS, terlihat, pencoblosan  tetap selesai hingga pukul 13.00 Wita, kemudian dilanjutkan hingga penghitungan suara.

Lancarnay pemungutan suara  di Kutim,  diakui  Gubernur Kaltim Isran Noor, ketika memantau pelaksanaan pemungutan suara di kawasan Munthe Sangatta Utara. Kepada wartawan, mantan Bupati Kutim ini menyatakan pencoblosan di Kaltim, khusunya di Kutim, semua lancar dan aman. 

“Hingga saat ini di Samarinda, Tenggarong dan Kutim, yang kami sudah pantau, pencoblosan berlangsung lancar dan aman. Persentasi masyarakat yang menyaluskan suaranya cukup besar. Dari pantauan kami, tidak ada kendala, termasuk penyaluran logistik,” katanya.

Dengan kelancaran pencoblosan, Isran Noor berharap pemihan  ini akan memberikan hasil yang baik. “Saya berharap, kita mendapatkan pemimpin dan wakil kita di DPRD, DPD yang berkualitas,” harap Isran.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, mengunkapkan hal sama. “Pemilihan di Kaltim ini lancar,  partisipasi masyarakat bagus, Khusus kutim tidak ada laporan pelanggaran, yang signifikan. Partisipasi masyarakat cukup bagus,” katanya.

 Pandam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan, dalam pemilihan ini, pihaknya memperbantukan prajuritnya untuk melakukan pengamanan, sesui dengan permintaan Kapolda. Bahkan Khusu Khutim, untuk menghadapi pencoblosan, dirinya menambah pasukan pengamanan sebanyak satu pleton  dari satuan 611 Awang Long.

“Sesuai permintaan Kapolda, kami diminta pasukan sebanyak 2/3 kekuatan kepolisian. Tapi, khusus Kutim, kami tambah satu pleton lagi. Bahkan, untuk antisipasi, kami masih siapkan kekuatan cadangan, untuk siap diperbantukan jaga keamanan jika ada permintaan pak Kapolda,” terang Pangdam Mayjen TNI Subiyanto.

Disebutkan, bukan hanya dalam pengamanan,   di berbagai wilayah Kutim, anggota TNI  ikut membantu pendistribusian  logistik. “Semua berlajalan lancar, aman, tidak ada kejadian menonjol,” katanya.

Bupati Kutim Ismunandar yang ikut mendampingi Gubernur Isran Noor  melakukan peninjauan  menyatakan, Kutim aman. “Saya hanya berharap,  dalam pemilihan ini, terpilihnya anggota legislatif yang baik, serta pimpinan nasional yang memang menjadi pilihan rakyat,” kata Ismu.

Rombongan Gubernur Kaltim datang ke Sangatta, menggunakan helikopter sebelumnya rombongan menuju Tenggarong – Kukar, setelah itu Sangatta dan sebelum ke Samarinda meninjau Kota Bontang.(SK2)