Beranda hukum Bupati Akan Lantik 11 Kepala SKPD Baru

Bupati Akan Lantik 11 Kepala SKPD Baru

2727
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (27/12)
Sedikit 11 pegawai Pemkab Kutim dengan pangkat minimal IV b atau Pembina TK I, akan dilantik sebagai kepala SKPD. Mereka nantinya akan mengisi kepala SKPD yang baru dibentuk Pemkab Kutim.
Keterangan yang dihimpun Suara Kutim.com, jabatan esselon II b yang akan diisi dalam pekan ini merupakan penjabaran dari Perda Pembentukan dan Perangkat Daerah (P2D) yang disahkan DPRD bulan November lalu.
Catatan Suara Kutim.com, jabatan yang kosong yakni Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, BPBD, Dinas Sosial dan Kesra, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah. “SKPD yang belum ada awaknya itu merupakan pemekaran dari sejumlah SKPD yang ada saat ini seperti Dinas Pariwisata pemekaran dari Disporapar, kemudian Dinas Kebudayaan pemekaran dari Dikbud,” terang seorang pejabat di kantor Bupati Kutim.
Sedangkan SKPD dan jabtan yang dihapus sesuai UU Pemda yakni Asisten Kesejahteraan Sosial Setkab Kutim, Badan Diklat, Dinas Kehutanan, Dinas Pertambangan dan Energi, Badan Penyuluhan, serta dua jabatan staf ahli bupati, ditambah tiga bagian di Setkab Kutim yakni Bagian Otda, Bagian SDA, Bagian Pengembangan Masyarakat, Bidang Dikmen pada Dinas Pendidikan, namun ada juga pengurangan jabatan di sejumlah SKPD yang berada typenya B dan C. “Kalau dulu ada empat bidang, jika menjadi type B maka bidang atau jabatan esselon tiganya berkurang satu,” beber sumber tadi.
Terkait, pelantikan pejabat dikabarkan dilakukan Bupati Ismunandar dalam pekan ini, sumber tadi belum bisa memastikan. Namun, ia mengakui pekan depan semua SKPD yang sudah dihapus tidak bisa beraktifitas lagi. “Kemungkinan pengisian jabatan baru pada SKPD yang ada segera dilakukan paling tidak dalam pekan ini ada pengisian untuk kepala SKPD yang sudah kosong,” sumber media ini.
Ia mengungkapkan, sejumlah calon kepala SKPD sudah menjalani tes and proper tes bahkan hasilnya sudah ditangan Bupati Ismunandar. “Antara kepala SKPD yang lembaganya dihapus dengan SKPD baru, masih banyak yang kosong,” terang sumber tadi.
Pengamatan Suara Kutim.com pada saat tes and proper test, pekan lalu, terdapatJumairilsyah (Kepala Badan Penyuluhan), Ariansyah (Kepala Badan Diklat), Mohammad Idham Edwin (Kadis Kehutanan) yang SKPD tidak ada lagi mulai awal tahun ini, bahkan Badan Diklat sudah hilang semenjak Zainuddin Aspan dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat.
Bupati Ismunandar belum lama ini, ditanya Suara Kutim.com, membenarkan dalam waktu tidak lama dilakukan pelantikan Kepala SKPD dan Sekertaris serta sejumlah jabatan eselon tiga dan empat lainnya. “Kini sedang dipersiapkan, sebelum akhir tahun ada pelantikan karena amanat Perda harus segera diisi,” ujar Ismunandar.(SK2/SK3/SK12)