Beranda ekonomi Bupati Ardiansyah Berhasil Buka Gerbang Pembangunan di TNK

Bupati Ardiansyah Berhasil Buka Gerbang Pembangunan di TNK

1763
0
Kondisi Jalan di Sangatta Selatan yang patut diperbaiki namun karena dalam TNK, pemkab tak berkutik karena jika memaksa diseret ke ranah hukum.

SANGATTA,Suara Kutim.com (24/7)
Pembangunan di Kecamatan Teluk Pandan Sangatta Selatan yang salama beberapa tahun terhenti karena dilarang akibat berada dalam wilayah Taman Nasional Kutai (TNK) akhirnya kembali bisa dilakukan Pemkab Kutim.
Kepastian itu setelah Bupati Ardiasnyah Sulaiman bersama Asisten Pemerintahan Syafruddin serta Kadis Kehutanan Idham Edwin, kembali menemui Kementrian Kehutanan dan Lingkunganm Hidup, Jumat (24/7). “Dalam pertemuan Kementrian Kehutanan dan LH mengijinkan Pemkab Kutim melakukan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Teluk Pandan dan Sangatta Selatan sepanjang tidak untuk sektor perkebunan dan pertambangan sebagaimana RTRW,” terang Bupati Ardiansyah Sulaiman via pesan singkatnya kepada Suara Kutim.com, Sabtu (25/7).
Diperkenankannya pembangunan di kedua kecamatan di Barat Sangatta ini, diakui Ardiansyah angina segar bagi masyarakat kedua kecamatan. “Tidak saya pribadi, semua jajaran pemkab dan DPRD prihatin tidak bisa menyentuh Teluk Pandan Sangatta Selatan dengan pembangunan lebih baik, tapi dengan restu Kementrian Kehutanan dan LH yang disampaikan pada pertemuan terbatas di hari Jumat berkah kemarin kini sudah ada gerbang pembangunan bisa masuk,” ujar Ardiasnyah.
Sebagai bupati, Ardiansyah menegaskan selama ini pemkab bersikukuh untuk meminta perluasan enclave yang disahkan Menhut. Untuk memperjuangkan perluasam enclave, Ardiansyah berulang kali mengirim surat ke Menhut dan LH bahkan menemui Menteri Siti Nurbaya saat bertemu di sebuah mall. “Ada kesempatan, saya waktu melihat Ibu Menteri Siti Nurbaya saya sempat bertemu dan menyampaikan harapan agar diperkenankan pemkab membantu di Teluk Pandan dam Sangatta Selatan. Alhamdulillah, ada respon kala itu sehingga pemkab diundang untuk membahas lagi dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan,” ungkapnya.
Dibukanya gerbang pembangunan di Teluk Pandan dan Sangatta Selatan, Bupati Ardiansyah menyebutkan segera memprogramkan beberapa kegiatan penting seperti rehabilitas Gedung Puskesmas Sangatta Selatan yang hampir roboh, meningkatkan pembangunan infrastruktur desa serta peneydiaan air bersih termasuk sektor pendidikan.(SK-04/SK-11)