Beranda kutim Bupati Ismu Ingatkan Camat Mengenal Wilayahnya Dan Mendorong Semangat Rakyat Untuk Membangun

Bupati Ismu Ingatkan Camat Mengenal Wilayahnya Dan Mendorong Semangat Rakyat Untuk Membangun

762
0
Suasana Pertemuan Bupati Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang dengan para camat dalam Rakor Camat se Kutim, Senin (22/2) tadi.

SANGATTA,Suara Kutim.com (22/2)
Bupati Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang berharap camat di wilayahnya mengenal dan paham akan kondisi daerahnya, selain itu berjuang untuk meningkatkan drajat kesehatan masyarakat. Saat menggelar Rakor dengan camat, Senin (22/2) siang di Kantor Bupati Kutim, Ismunandar menandaskan beberapa persoalan yang wajib diperhatikan camat.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan soal pemberantasan demam berdarah akibat serangan nyamuk aedes agipty. Dalam pertemuan yang diikuti sejumlah Asisten Setkab serta pejabat lainnya itu, Ismunandar mencontoh Sangatta Utara agar aktif menggalakan gerakan kebersihan mulai rumah tangga, RT hingga desa. “Kebersihan mutlak dilakukan di Sangatta Utara untuk memberantas DBD, karenanya Camat Sangatta Utara perlu menggalakan aksi bersih-bersih di setiap lingkungan baik RT, Gang atau Desa,” imbuhnya.
Selain itu, Ismunandar mengingatkan camat mengevaluasi ketimpangan antar daerah dan mendiskusikan langkah ke depan dalam pemerataan, kemudian hal mendasar seperti pendidikan dan fasilitas kesehatan serta kondisi lingkungan untuk peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM). “IPM salah satu indikator kemajuan suatu daerah yang ditentukan oleh tingkat pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakatnya karenanya camat sebagai pemimpin perlu melakukan pendataan yang valid seperti terhadap warga miskin, air bersih, belum memadainya infrasruktur hingga kurangnya wilayah yang belum mendapatkan penerangan listrik,” pesannya.
Terhadap Musrenbang Kecamatan (Musrenbangcam) yang diminta digelar ulang yang bakak dihadirinya dan bersama wabup, ditandaskannya agar dalam perumusan program dan usulan dapat sejalan dengan visi-misinya. Terhadap Musrenbangcam yang digelar ulang, Ismu manandaskan semua camat sudah merumuskan dalam 2 pekan kedepan.
Sejumlah camat kepada Suara Kutim.com mengakui dalam pekan ini menggelar Musrenbang Kecamatan denga menghadirkan sejumlah SKPD dan kepala desa, namun karena ada intruksi Bupati Ismunandar ditunda. “Tandinya dijadwalkan Senin hari ini sudah digelar Musrenbang Kecamatan di Long Mesangat, karena ditunda kami segera menyesuaikan,” kata Camat Long Mesangat Ajuansyah.(SK-03/SK-13)