Beranda ekonomi Camat Ivung : Warga Telen Semangat Manfaatkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Camat Ivung : Warga Telen Semangat Manfaatkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

33
0
Warga Telen saat membuka lahan perkarangan mereka untuk tanaman semusim sebagai antisipasi kelangkaan pangan.(Foto Ist)

SANGATTA (27/6-2020)

Imbauan Bupati Kutim Ismunandar agar lahan pekarangan rumah ditanami dengan tanaman pangan seperti singkong, jagung, kedelai dan sayur-sayuran direspon warga masyarakat dengan menanam tanaman semusim yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu untuk ketahanan pangan.

Camat Telen Luhat Ivung

Di  Kecamatan Telen, kata  Camat Telen Luhat Ivung,  hampiur semua warga desa  telah melakukan pemanfaatnan lahan kosong atau pekarangan rumah yang selama ini hanya ditumbuhi rumput. “Pekarangan Kantor Camat Telen, tidak cocok di tanam singkong karena kondisi tanahnya. Jadi kami punya inisiatif penanaman singkong dan jagung ditanam di desa-desa,” ungkapnya.

Lebih jauh, disebutkan, Desa Muara Pantun sudah ditanam  singkong dan jagung di atas lahan seluas  5 Ha, kemudian di Desa Juk Ayaq dan Desa Kernyayan. Sementara itu, menurutnya, Kepala Adat Besar Dayak Sungai Telen Eliasar juga tengah melaksanakan penanaman dengan pola tumpang sari. Menanam singkong, padi dan jagung seluas10 Ha. “Bahkan di Desa Long Segar sudah lebih dulu menanam. Tepatnya sejak Januari-Februari lalu sehingga warga Long Segar kini aman-aman saja dengan pangan mereka,” bebernya.

Kepada warganya, pria yang akrab disapa Ivung ini mengingatkan untuk juga menanam tanaman yang bisa bertahan lama seperti sukun yang dikenal terus berbuah dan tak mengenal musim, namun buahnya selain bisa disayur juga menjadi makanan ringan. (SK3)