Beranda ekonomi Catatan Perjalanan Haji (32)

Catatan Perjalanan Haji (32)

120
0

Ke Masjid Quba Sekarang Mudah dan Lebih Enak Dimalam Hari

Masjid Quba di malam hari (Foto Ist)

SETIAP Jamaah Haji terutama regular pasti bertandang ke Madinah, kota suci kedua di Arab Saudi setelah Makkah. Di Madinah, jamaah akan melalukan shalat Arbain di Masjid Nabawi selain itu bertandang ke sejumlah tempat bersejarah lainnya termasuk Masjid Quba yakni masjid yang kali pertama dibangun Rasulullah SAW ketika ke Madinah.

Masjid Quba terletak di tepi Kota Madinah, tepatnya 3 km di arah selatan Masjid Nabawi. Dalam beberapa catatan, disebutkan Rasulullah SAW singga di Quba selama empat hari dan dalam kurun waktu 4 hari ini, diperintahkan masyarakat Madinah untuk membangun masjid yang belakangan diberinama Quba.

Suasana dalam Masjid Quba dimalam hari

Masjid Quba juga memiliki keutamaan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya kemudian mendatangi masjid ini, yakni Masjid Quba kemudian salat di dalamnya, maka pahalanya seperti ia menjalankan umrah”.

Bagi jamaah untuk melaksanakan shalat di Masjid Quba tidaklah sulit, karena banyak kendaraan termasuk bus dari Masjid Nabawi, tarifnya 3 Riyal Saudi. Karena keutamaan Masjid Quba, banyak jamaah yang datang dan melakukan shalat baik  salat tahiyatul masjid, salat dhuha atau salat-salat sunah lainnya.

Namun bagi jamaah yang datang berombongan hendaknya mengatur waktunya, karena jamaah yang ada dalam masjid yang mampu menampung 20 ribu jamaagh ini, saling berlomba untuk dapat melaksanakan shalat diareal masjid lama sebelum direnovasi.

Tidak heran karena padatanya jamaah, membuat shalat di Masjid Quba tidak khusuk namun jamaah tetap lega dan bahagia jika bisa menunaikan shalat dalam areal lama. Karenanya banyaknya jamaah yang datang, sebaiknya dikenali pintu masuk dan posisi kendaraan parkir agar tidak tersesat karena Masjid Quba memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama bagi jamaah pria sedangkan jamaah perempuan disediakan 1 pintu.

Namun jika ingin tenang dan nyaman shalat di Masjid Quba, sebaiknya pergi dimalam hari. Karena jumlaah jamaah yang datang lebih sedikit ketimbang siang, kalau siang umumnya jamaah yang datang sesuai paket tour yang disediakan Maktab. (syafranuddin/bersambung)