Beranda hukum Coblos 2 Kali, Pegawai Salon Diadili di PN Sangatta

Coblos 2 Kali, Pegawai Salon Diadili di PN Sangatta

543
0
Na saat diadili dengan dakwaan mencoblos 2 kali pada Pemilu 2019 lalu.

SANGATTA (26/6-2019)

            Satu lagi pelanggar UU Pemilu Tahun 2019 didudukan di kursi persakitan Pengadilan Negeri (PN) Sangatta. Kali ini yang menjadi terdakwa Na binti AMH (30). Wanita yang keseharianya bekerja di salon ini, didakwa Jaksa Muhammad Israq telah melakukan kecurangan Pemilu Tahun 2019 dengan melakukan pencoblosan sebanyak 2 kali.

            Dalam sidang yang dipimpin  Rahmad Sanjaya – Ketua PN Sangatta, dibantu  Yulianto Prafifto Utomo dan M Riduansyah masing-masing anggota, warga Jalan Cendana Desa Singa Gembara Sangatta Utara ini didakwa pada Rabu (17/4) lalu  di TPS 05 Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara dengan sengaja pada saat pemungutan suara mengaku dirinya sebagai orang lain dan atau memberikan suaranya lebih dari 1 TPS atau lebih.

            Terdakwa Na, kata Jaksa Muhammad Israq, pada Rabu (17/4)) dihubungi ER untuk melakukan pemcoblosan di TPS 05 Swarga Bara dengan menggunakan Form C6 atas nama Fajar Novarita Putri. Sebelumnya Na, telah melakukan pencoblosan di TPS 07 Swarga Bara Sangatta Utara.

            “Perbuatan Na  merupakan perbuatan yang melanggar pasal 533 Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” terang Jaksa Israq.

            Untuk menguatkan dakwaannya, Jaksa Israq dalam sidang yang digelar Rabu (26/6) langsung menghadirkan sejumlah saksi yakni    Budi Wibowo (Komisioner Bawaslu Kutim), Abdul Somad (Ketua KPPS TPS 05),  Sumiyati, Juhairiyah, Harpam dan Fajar Novarita Putri.(SK11)