Beranda ekonomi Danrem Panen Jagung Kodim Sangatta

Danrem Panen Jagung Kodim Sangatta

37
0
Danrem 091 Aaji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro saat melakukan panen pertdana jagung yang ditanam Kodim Sangatta untuk mendukung ketersediaan pangan di tengah pandemi corona.

SANGATTA (30/7-2020)

                Danrem 091 Aaji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro saat bertandang ke Kutim, untuk menutup TMMD 108 yang digelar Kodim 0909 Sangatta, berkesempatan melakukan panen raya jagung di Sangatta.

                Panen jagung yang kali pertama digelar ini, diakui Danrem Cahyo Suryo Putro membantu pemerintah dan masyarakat ditengah mewabahnya Corona. Di tengah-tengah kebun jagung yang terhampar di luas, diakui ketersediaan pangan menjadi perhatian pemerintah di tengah pandemic Corona.

                Bersama Dandim 0909 Sangatta Letkol CZI Pabate, dijelaskan ketika terjadinya PSSB disejumlah daerah terutama di daerah produksi, terjadi gangguan pasokan pangan. “Kaltim sebagai daerah yang luas namun ketersediaan pangannya masih tergantung daerah luar seperti Pulau Jawa dan Sulawesi karenanya ketika terjadi gangguan pasokan pangan berakibat langsung dengan ketersediaan pangan warga masyarakat termasuk daging,” bebernya.

                Melihat hamparan kebun jagung yang dikelola Kodim 0909 Sangatta, Danrem berharap kebun yang ada dijaga dan dimanfaatkan maksimal dengan varian tanaman lain seperti tomat, cabe dan ketimun.

                Ia mengakui, jagung bukan menu makanan utama warga Kutim namun mampu menjadi penyangga pangan masyarakat. Melalui Dandim Pabate, ia menaruh harapan semua anggota Kodim Sangatta terus menggalakan semangat bercocok tanam baik di lingkungan Kodim, Koramil, rumah maupun memanfaatkan lahan kosong yang belum tergarap. “Meski hanya menanam satu atau dua pot cabai, tentu akan membantu karena tidak membeli cabai lagi cukup mengambil di perkarangan sendiri,” pesannya.

                Saat melakukan panen raya di kebun Kodim Sangatta, Danrem didampingi istri, sebelumnya ia sempat menikmati jagung rebus yang disajikan Kodim Sangatta. “Ternyata jagung manis tadi dari kebun sendiri ya,” tanya Danrem kepada Dandim Pabate.

                Dandim Pabate menerangkan kebun jagung yang ditanam jajarannya berada di Jalan Soekarno hatta Desa Singagembara Sangatta Utara. Lahan yang dimanfaatkan masih kecil, namun sudah menghasilkan luar biasa. “Sejak pademi Corona, sesuai instruksi komandan kami di Kodim Sangatta langsung melakukan aksi penanaman jagung yang hasilnya bisa luar biasa bagus,” terang Dandim Pabate.(SK3)