Beranda ekonomi Didukung KPC, SMA Ranpul Garap 9 Ha Lahan Tidur

Didukung KPC, SMA Ranpul Garap 9 Ha Lahan Tidur

45
0

SANGATTA (16/10-2020)

                Berada di lingkungan pertanian, membuat guru dan siswa SMA Negeri 1 Rantau Pulung (Ranpul) berusaha memanfaatkan lahan yang ada. Alhasil, usaha keras menggarap lahan tidur seluas 9 Ha berhasil menjadi kebun kelapa sawit.

Lahan yang berlabel  Kebun Kelapa Sawit Prima Harapan, mendapat binaan sekaligus bantuan PT KPC. Alhasil, belum lama ini kebun sawit milik SMA Rantau Pulung sudah panen. “Keberhasilan SMA Rantau Pulung menggarap lahan perkebunan akan menjadi model baru bagi perusahaan dalam memajukan dunia pendidikan di Kutim, karena dengan pembinaan serta dukungan banyak manfaat yang diperoleh dari kebun sawit seluas 9 hektar itu,” ujar Camat Rantau Pulung Mulyono.

Model CSR baru yang dilakukan KPC, diakui Mulyono berdampak besar bagi generasi muda Rantau Pulung terutama dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan ekonomi. Diakui Mulyono, dengan menjadikan lahan perkebunan kelapa sawit sebagai laboratorium pendidikan akan mendorong siswa untuk mengenal dunia perkebunan.

Kehadiran Kebun Kelapa Sawit milik SMA Rantau Pulung, diakui Kadiknas  Kaltim, Anwar Sanusi. Ketika bertandang ke Rantau Pulung belum lama ini, ia menilai kebun kelapa sawit milik SMA Ranpul merupakan satu-satunya di Kalim bahkan ia menyatakan di Indonesia. “Rasa-rasanya tidak SMA punya kebun, kecuali koperasi. Model pembinaan yang dilakukan KPC  kepada SMA Rantau Pulung ini patut menjadi contoh bagi SLTA lainnya yang mempunyai lahan meski tidak harus kebun kelapa sawit,” ujar Anwar Sanusi.

Anwar berharap, kebun yang ada dipelihara dan digunakan maksimal dengan menggandeng banyak pihak terutama perkebunan kelapa sawit sehingga hasil kebun dijual dengan harga standar yang dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan pendidikan. “Jaga hubungan baik dengan stakeholder, agar kedepan bisa bersinergi dan bekerjasama dgn perusahaan yang sudah berkontribusi membantu bibit sawit yang sekarang menjadi kebun sawit unggulan serta kebanggaan SMAN 1 Rantau Pulung,” ujar Anwar Sanusi yang ikut melakukan panen perdana bersaama Camat Rantau Pulung Mulyono, Kepala Sekolah SMAN 1 Rantau Pulung Untung, dan Sugeng Wiyanto dari PT  KPC.(SK3)