Beranda ekonomi Didukung PT KPC,IPA Kudungga Hasilkan Air Bersih 100 Liter Perdetik

Didukung PT KPC,IPA Kudungga Hasilkan Air Bersih 100 Liter Perdetik

99
0

SANGATTA (9/1-2019)

                Berkat  PT Kaltim Prima Coal (KPC), Pemkab Kutim berhasil meningkatkan kapasitas air bersih di IPA Kundungga dari 50 liter perdetik menjadi 100 liter perdetik. IPA yang dibangun di Jalan Soekarno – Hatta Sangatta Utara ini, rencananya Kamis (10/1) besok resmi beroperasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim Aswandini Ekatirta menerangkan, air dari IPA Kudungga selama ini mengalir dengan kecepatan 50 liter per detik, sedangkan pasokan airnya disalurkan PT KPC dari  kolam Kenyamukan dengan kecepatan  100 liter per detik.  “Peningkatan kapasitas ini sudah kami lakukan,  tinggal dilaunching saja. Untuk anggaran, proyek ini menggunakan anggaran multiyear contract dengan dana sebesar Rp 45 miliar,” terang Aswan.

Sementara, Pjs Direktur PDAM Suparjan  menjelaskan IPA Kudungga sudah menjalani uji coba dengan kapasitas  100 liter perdetik sehingga bisa melayani kebutuhan air bersih di pusat pemerintahan Pemkab Kutim,  warga masyarakat di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Abadul Wahab Syahrani. “Sumber airnya dibantu PT KPC yang mengambil air sekitar areal hutan Pit Jupiter, kemudian diolah di IPA Kudungga sebelum disalurkan ke pelanggan,” terang Suparjan.

Kehadira  IPA Kudungga diapreasiasi Nisa –  masyarakat sekitar Jalan Soekarno-Hatta. Pemilik Toko Sembako Rama mengaku distribusi  air dikediamanya sudah lancer, bahkan jauh lebih deras dari milik keluarganya yang selama ini sudah menikmati air bersih PDAM.  

“Sudah sekitar tiga bulan lalu kami mendapat layanan air bersih dari PDAM. Mengalir lancar airnya, dan deras. Sebelumnya kami menggunakan air yang ditampung d tandon,” jelasnya.

Kegembiraan serupa juga dirasakan Ipah – Pemilik Warung Makan Blitar Jalan Soekarno Hatta. Bahakn Ipah, mengklaim tempatnya pertama dialiri air bersih dari IPA Kudungga. Sejauh ini, air terus mengalir lancar dan deras. “Air sudah mengalir sejak 2017. Kami belum pernah ada keluhan,” aku Ipah, saat ditemui di Warung Makan Blitar yang terletak di seberang Stadion Kudungga. (SK11)