Beranda ekonomi Dikelola Bumdes, BPPUTK Menjadi Mulya Sari Park

Dikelola Bumdes, BPPUTK Menjadi Mulya Sari Park

63
0
Bupati Ismunandar menandatangani prasasti Mulya Sari Park

SANGATTA (7/11-2018)
Bumi Pelatihan dan Percontohan Usaha Tani Konservasi (BPPUTK) yang dibangun PT Kaltim Prima Coal (KPC) kini beralih fungsi. Pengelolan kawasan yang terdapat kolam ikan, sawah dan perkebunan serta ternak kini diserahkan ke Bumdes Mulya Sari Desa Sangatta Selatan.

Suasana dalam Mulya Sari Pak Sangatta Selatan
Kedepannya, kawasan yang rindang pepohonan ini ditata lebih apik agar menjadi salah satu tujun wisata di Kutim terlebih namanya sudah menjadi Mulya Sari Park. “Kawasan Mulya Sari Park ini harus menjadi tujuan wisata alam yang memberi edukasi kepada masyarakat, selain itu bisa menjadi arena wisata keluarga,” kata Bupati Ismunandar usai meresmikan Mulya Sari Park yang ditandai dengan penandatangan prasasti.
Kawasan yang berupa lahan pertanian dan peternakan,ujar Ismu, bisa menjadi Mekar Sari di Jawa Barat. Sesuai namanya, sebut Ismu, taman Mulya Sari kedepan menjadi peternakan dengan konsep wisata edukasi. “Dari Mulya Sari Park ini, nanti lahir peternak handal selain itu bisa memenuhi kebutuhan sandang dan pangan Sangatta,” harap Ismu dalam acara yang dihadiri Wabup Kasmidi Bulang, GM KPC Wawan Setiawan dan puluhan kelompok tani penerima bantuan KPC dan Pemkab Kutim.
Mulya Sari Park dahulunya pusat pembelajaran kearifan bagi usaha tani dan lingkungan yang berlokasi berdekatan dengan Taman Nasional Kutai (TNK) yang didirikan PT KPC pada tahun 1998 dengan nama BPPUTK. Kawasn ini, memiliki nilai strategi sebagai tempat pembelajaran dan percontohan konservasi lingkungan karena potensi dan memiliki keyaan alam.
Sebuah areal luas kurang lebih 4 hektare yang terdiri kebun demo-plot buah local, demo-plot persawahan organik dan tamanam semusim, kolam percontohan budi daya perikanan, tanaman taunan, dan perternakan.(SK11)