Beranda kutim Disperindag Pantau Ketersediaan dan Harga Sembako

Disperindag Pantau Ketersediaan dan Harga Sembako

92
0

SANGATTA (18/5-2018)
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur (Kutim) melakukan pemantauan terhadap ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok berserta sayur mayur dan bahan pangan lainnya.
Monitoring yang dilakukan, kata Kadis Perindag, Edward Azran, mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga serta berkurangnya ketersediaan bahan terutama selama bulan puasa ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri.
Disebutkan, terjadinya kekurangan stok yang berakibat lonjakan harga umumnya dikarenakan kebutuhan masyarakat tinggi sementara ketersediaan bahan tersebut terbatas yang meneybabkan aski borong. “Kutim ini bukan daerah produsen, sebagian besar kebutuhan masyarakat didatangkan dari luar daerah. Namun hingga saat ini kondisi harga bahan pangan, baik itu sembako maupun bahan pangan lainnya masih relatif stabil,” terangnya.
Kasi Dalam Negeri Ahmad Doni Efriadi, menerangkan pantauan 2 hari menjelang Ramadhan, kenaikan harga barang antar Rp2 Ribu hingga Rp5 ribu. Menurutnya, kenaikkan harga beberapa bahan pangan seperti id Pasar Induk Sangatta (PIS) yakni telur dan beras yang sedikit mengalami kenaikkan harga beberapa digit nominal. “Kenaikkannya masih dianggap wajar dan aman, jika dibandingkan yang terjadi di Pulau Jawa. Kenaikkan harga telur dan beras ini karena memang diakibatkan tingginya permintaan konsumen. Selain itu, telur dan beras merupakan bahan pokok yang tidak ada ditetapkan harga standarnya. Berbeda dengan daging dan minyak goreng,” bebernya.(ADV-KOMINFO)