Beranda kutim Distan Kutim Gelar Vaksi Rabies dan Jemberana di Bengalon

Distan Kutim Gelar Vaksi Rabies dan Jemberana di Bengalon

200
0

SANGATTA (10/6-2018)
Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Hewan (UPT Puskeswan) Bengalon melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan yang bertaring seperti kucing, anjing dan kera, dan vaksin jembrana untuk sapi beberapa waktu lalu.
Kepala Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian Kutim, Cut Meutia bersama Kasubag Tata Usaha Muhammad Rifai menerangkan vaksinasi dilakukan untuk mencegah rabies pada hewan bertaring serta meminimalisir penularan rabies ke manusia. “Kegiatan dilakukan di Desa Tepian Baru dan Tepian Indah Kecamatan Bengalon,” terang Cut Meutia.
Diakuinya, vaksin rabies merupakan cara tyerbaik untuk memutus mata rantai penularan rabies ke manusia. Disebutkan, selama ini anjing menjadi salah satu Hewan Penular Rabies (HPR) selain kucing dan kera.
Muhammad Rifai menambahkan, vaksin rabies juga untuk mencegah pzoonosa atau infeksi yang ditularkan diantara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya. Rabies diteruskan ke manusia dari hewan yang terinfeksi dan hampir semuanya berakibat fatal,” bebernya.
Selain itu, ujar Muhammad Rifai, vaksinasi diberikan kepada peternak sapi guna mencegah penyakit Jembrana atau kering darah yang dapat menular dan menyebabkan kematian pada sapi. “Kami berharap dengan vaksin terhadap sapi, Bengalon bebas penyakit Jembrana,” harapnya seraya menerangkan semua desa bisa terlayani.(ADV-KOMINFO)