Beranda ekonomi DPRD Dukung Razia Kendaraan Melebihi Tonase

DPRD Dukung Razia Kendaraan Melebihi Tonase

168
0

SANGATTA. DPRD Kutai Timur (Kutim) mendukung rencana Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan razia truk yang memuat muatan melebih tonase. Hal ini karena kendaraan yang mengangkut beban melebihi kekuatan jalan, dipastikan akan merusah jalan. Apalagi kalau sudah sering melintas, maka jalan pasti rusak. Demikian dikatakan anggota DPRD Kutim Arfan.

Arfan – Anggota DPRD Kutai Timur

“kami mendukung Dishub melakukan razia terhadap kendaraan yang mengangkut beban melebihi tonase yang telah ditentukan. Serperti kendaraan yang mengangkut alat berat . Ini jelas merusak jalan, karena beban sudah jauh melebihi kekuatan jalan,” katanya.

Disebutkan, jalan yang paling sering dilintasi kendaraan pengangkut alat berat adalah antara Sangatta ke Bengalon. Kendaraan yang melintas rata-rata merupakan kendaraan yang mengangkut alat berat dari tambang. Kalau ini dibiarkan, maka akan merusak jalan umum.

“yang paling cepat rusak adalah jalan yang masih kontruksi aspal. Sebab kekuatannya rata-rata hanya 8 ton, tapi kendaraan yang melintas, bisa sudah 20-30 ton. Kalau jalan yang sudah rigit (cor beton), mungkin tidak terlalu masalah. Tapi kalau jalan aspal, pasti rusak. Makanya, jalan ke bengalon, hingga sangkulirang itu rusak parah, karena sering dilintasi kendaraan pengangkut alat berat , bolak balik. Jadi pembatasan muatan itu memang perlu dilakukan,” katanya.