Beranda hukum DPRD Siap Dukung KPU Kutim

DPRD Siap Dukung KPU Kutim

699
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (23/2)
Belum jelasnya pembagian pembiayaan untuk Pilkada serentak pada Desember mendatang, DPRD Kutim sepakat menyediakan Rp3 M untuk persiapan pelaksanaan Pilbup. Ketua DPRD Mahyunadi menyebutkan pengalokasian dana persiapan merupakan langkah awal demi suksesnya Pilbup yang tinggal 10 bulan.
Kepada wartawan, ia menyebutkan Pilbup membutuhkan banyak persiapan dan kecepatan namun tidak harus mengabaikan rambu-rambu yang berlalu. “Pilbup nanti tidak saja calon dan partai yang sibuk tetapi pelaksana Pilbup yakni KPU, karenanya perlu strategi agar tujuan pelaksanaan Pilbup terlaksana dengan baik dan aman dari segala hal,” kata Mahyunadi.
Sebagai politikus yang kenyang dengan proses pemilu, ia menyarangkan KPU segera merancang program terutama pemutakhiran data pemilih hingga penyusunan anggaran penyelenggaraan Pilbup.
Ia mengakui, Pilbup Kutim yang tergolong mepet akibat adanya beberapa wacana pelaksanaan sehingga tahapan-tahapan Pemilu harus disusun kembali. “Untuk dana persiapan, dewan merestui mengucurkan Rp 3 miliar yang dialokasikan melalui APBD Kutim murni 2015, setelah ada penjelasan Kemendagri tentang pengalokasian dana baru dipertimbangkan untuk APBD Perubahan,” terang Mahyunadi seraya menyebutkan usulan KPU Rp50 M.
Terhadap keputusan DPR-RI, bahwa pelaksanaan Pilbup 2015 dibiayai melalui APBN dan daerah hanya bisa mengalokasikan dana pendamping, adik Wakil Ketua DPR-RI Mahyudin ini meminta KPU segera berkoordinasi dengan KPU Kaltim, Pusat dan Kemendagri. “Paling tidak nantinya dana pendamping untuk Pilbup nanti dilihat berdasarkan pembagian peran masing-masing, demikian dengan alokasi dana untuk Panwaslu dan keamanan serta lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilbup,” beber Mahyunadi.
Menyinggung adanya wacana Mendagri untuk mengijinkan daerah menyediakan dana talangan kepada KPU jika anggaran Pilkada belum sempat teranggarkan di daerah, Mahyunadi menyambut baik. “Kami di dewan ini jika memang untuk kepentingan rakyat dan daerah, terlebih ada dasar hukumnya akan mendukung upaya pemkab menyediakan dana talangan bagi pelaksanaan Pilbup,” ujar calon kuat dari Partai Golkar ini.(SK-03)