Beranda ekonomi Fuad : Stok Sembako Aman

Fuad : Stok Sembako Aman

38
0
Tim pematau harga barang bersama Polres Kutim saat melakukan pemantauan sejumlah barang di beberapa pasar di Sangatta,

SAMARINDA (23/5-2020)

Ketersediaan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H,  aman hingga 2,5 bulan kedepan. Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim Fuad Assadin  menjelaskan ketersediaan secara rata-rata pada awal bulan Mei 2020,  ketahanan stok kita mencapai rata-rata untuk menyediakan 2,5 bulan kedepan.

“Ketersediaan sembakok  lebih rendah dibandingkan persediaan awal April 2020  karena ada gangguan pasokan akibat kebijakan social distancing,” kata Fuad Assadin.

Ditambahkan,  pembatasan keluar masuk orang dari luar daerah ke Kaltim berimplikasi kepada pelayaran sejumlah kapal yang memasok atau menangkut bahan pokok karena kapal tanpa membawa penumpang  menyebabkan biaya operasional tak tercapai. “Bahkan cendrung merugi, belum lagi alasan keselamatan awak agar tak tertular Virus Corona,” bebernya.

Disebutkan,  ada beberapa kapal dari pelabuhan Samarinda dan Balikpapan, sempat menghentikan operasi. Namun pengangkutan melalui kontainer dan bahan pokok dari Surabaya lancar, hanya saja rutenya Surabaya – Balikpapan. Dan Kondisi stabilitas di Balikpapan, lebih baik dibandingkan di Samarinda terutama pemenuhan kebutuhan sayuran dan bumbu dapur.

Lebih jauh, disebutkan, saat ini di  Kaltim ada  23 Pasar induk pantau tersebar semua daerah, smeentara pemantauan harga dan stok barang dilakukan  15 orang. “Pemantauan dilakukan secara intensif  dan hasilnya dilaporkan dengan menginput hasil pantauan ke Sistem Informasi Perdagangan  Kaltim,” urainya.(SK8)