Beranda kutim kaubun Gelorakan Semangat Bela Negara Kepada Pelajar SMP di Kaubun

Gelorakan Semangat Bela Negara Kepada Pelajar SMP di Kaubun

128
0
Sertu Irsadul Ibad – Babinsa Kecamatan Kaubun saat memaparkan semangat bela negara dari ceramahnya tentang wawasan kebangsaan di SMP Negeri 1 Kaubun.

SANGATTA (21/8-2019)

            Setiap warga negara berkewajiban membela negara, bentuknya beragam mulai taat menjaga keamanan lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan hingga aktif dalam pembangunan.  Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara.

“Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan,” kata  Sertu Irsadul Ibad – Babinsa Kecamatan Kaubun saat menyampaikan konsep bela negara kepada  pelajar SMP Negeri 1  Kaubun, Rabu (21/8).

Secara fisik, ujar Sertu Irsadul, bela negara dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara sedangkan secara non-fisik diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun meningkatkan  kesejahteraan rakyat.

Bela Negara, ditegaskan Irasdul yakni  sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaann kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia  berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

“Melestarikan budaya, belajar dengan rajin bagi para pelajar taat akan hukum dan aturan-aturan negara dan  lain-lain, merupakan contoh-contoh bela negara yang harus ditanamkan sejak dini terutama di kalangan generasi muda,” ungkap anggota Koramil Sangkulirang ini.

Terpisah Danramil  Sangkulirang Kapten Cba Heru kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dengan menggelorakan semangat bela negara, digelar jajarannya untuk agar generasi muda di Kaubun sebagai penerus bangsa paham dan mengerti akan sejarah bangsa  serta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitarnya akan wawasan kebangsaan. “Sosialisasi wawasan kebangsaan kepada pelajar SMP Negeri Kaubun itu, digelar bagian dari Program Mulawarman Peduli yang selama ini digalakan di lingkungan Kodam VI Mularmawan,” terang Kapte Heru.(SK4)