Beranda hukum Generasi Muda Harus Menjiwai Pancasila Demi Keutuhan NKRI

Generasi Muda Harus Menjiwai Pancasila Demi Keutuhan NKRI

743
0
Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Ibnu Hudaya saat memimpin peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10) di Halaman Kantor Bupati Kutai Timur.(Foto Nuzul / Humas)

SANGATTA,Suara Kutim.com (1/10)
Komandan Kodim (Dandim) 0909 Sangatta Letkol (Inf) Ibnu Hudaya mengajak generasi muda Indonesia memaknai Kesaktian Pancasila dengan semangat untuk membangun Indonesi. Ditemui usai menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di halaman upacara Kantor Bupati Kutai Timur, pagi tadi, Ibnu menegaskan Kesaktian Pancasila adalah sejarah dimana ada ideologi komunis yang masuk dan berusaha menggantikan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia.
“Karena tekad dan perjuangan pendiri bangsa, akhirnya faham komunis gagal masuk dalam sendi kehidupan berbangsa dan bernegara yang akhirnya terjadi pemasakan kehendakan dengan peristiwa memilukan bangsa seperti dikenal dengan peristiwa Gerakan 30 September oleh PKI,” ungkap
Dandim.
Disebutkan, Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah tertata sejak Indonesia berdiri karenanya semua elemen bangsa berkewajiban membela dan mempertahankannya. Sebagai anak bangsa, ujar Dandim Ibnu Hudaya harus percaya bahwa hanya Pancasila dan UUD 1945 yang benar dan mampu menata kehidupan bangsa ini yang terdiri beragam suku dan bangsa sertab berada di ribuan pulau.
Ia berharap semangat kesaktian Pancasila, terus tertanam di generasi muda Indonesia termasuk generasi muda Kutai Timur sehingga setiap paham atau ideologi yang tidak sesuai dengan kultur Indonesia bisa dicegah atau ditangkal. “Sekarang ini ancaman untuk membelah kesatuan dan persatuan bangsa terus datang, karenanya generasi muda harus pandai dan cerdas memilah,” pesannya.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, digelar Pemkab Kutim, Kamis (1/10) dengan upacara di Halaman Kantor Bupati Kutim. Upacara yang diikuti berbagai kalangan diantaranya Ketua DPRD Mahyunadi, anggota DPRD dan ratusan undangan itu dipimpin Dandim Ibnu Hudaya dengan Komandan Upacara Lettu Arif dari Kodim 0909 Sangatta.(SK-03/SK-12)