Beranda kutim Golkar Bakal Pimpin DPRD Kutim

Golkar Bakal Pimpin DPRD Kutim

1002
0
Saksi Parpol Saat Mencermati Hasil Pemilu

SANGATTA,Suara Kutim.com
     Berdasarkan perhitungan manual oleh KPU Kutim   yang berakhir Selasaa (22/4) pukul 08.00 Wita tadi, untuk sementara Partai Golkar berhasil mendapatkan 7 kursi di DPRD Kutim. Dengan posisi unggul satu kursi dari Partai Demokrat dan PPP yang sama-sama mendapatkan 6 kursi, untuk lima tahun kedepan Ketua DPRD Kutim akan dipegangg Partai Golkar.
    Sementara Partai Demokrat dan PPP menjadi wakil ketua, jika komposisi  Wakil Ketua DPRD Kutim sebanyak 3 maka peluang untuk menempati tempat keempat diunsur pimpinan yakni Partai Gerindra yang sama-sama meraih 5 kursi dengan PDI Perjuangan namun unggul dalam perolehan suara.
            Dalam perhitungan manual selama tiga hari berlangsung, PDI Perjuangan mengumpulkan 16.225 suara sementara Gerindra meraup 21.400 suara. Proses perhitungan yang diwarnai berbagi intrupsi dan ketagangan itu, secara resmi mengambarkan komposisi perolehan suara masing-masing partai.
            Namun berdasarkan perolehan suara, untuk Kutim I partai yang mendapatkan alokasi kursi masing satu yakni PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Demokrat, PPP dan Hanura. Sementara di Kutim 2 yang mengalokasikan 7 kursi direbut PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Demokrat, PPP, Hanura dan PKPI. Untuk Kutim 3 yang terdiri Bengalon, Teluk Pandan, Sangatta Selatan dan Rantau Pulung dengan alokasi kursi 10, Partai Golkar, Gerindra dan PPP diperkirakan masing –masing meraih dua kursi,sementara Nasdem,PKS, PDI Perjuangan, Demokrat sama-sama mendapat satu kursi.
            Di Kutim IV yang tediri Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Batu Ampar, Telen, Kongbeng dan  Muara Wahau  dengan alokasi kursi 11, Partai Demokrat dan Golkar sama-sama mendapat dua kursi, sedangkan Nasdem, PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PPP, Hanura mendapat satu kursi. Sementara di Dapil V yang menyediakan 6 kursi, enam Parpol yakni Nasdem, PKS, PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat dan PPP masing – masing mendapat satu kursi.(Tim SK)