Beranda hukum Gubernur Segera Audit Dana Pilkada Kutim

Gubernur Segera Audit Dana Pilkada Kutim

1635
0
Gubernur Kaltim Isran Noor ketika bersama Mendagri Tito Karnavian di Bandara Balikpapan.

BALIKPAPAN (19/7-2020)

          Mendagri Tito Karnavian, berharap Gubernur Kaltim Isran Noor melalui Inspektorat melakukan audit terhadap anggaran Pilkad Tahun 2020 di Kutim. Mantan Kapolri ini melihat ada kejanggalan dengan sisa dana yang mencapai Rp58,6 miliar.

          Dalam pengarahannya, Sabtu (18/7) kemarin di Balikpapan, ia dengan tegas minta soal dana Pilkada Kutim inid ditelusuri. Disaksikan Gubernur Isran Noor, Kapolda dan Kajati Kaltim serta kepala daerah lainya, dengan jelas Mendagri menyatakan akan menurunkan timnya ke Kutim. “Agenda politik nasional jang disepelekan, terlebih sampai dananya dialokasikan untuk proyek tertentu,” beber Mendagri.

          Bahkan, ia meminta  Ditrekrimsus Polri melakukan pengecak, akan  larinya anggaran Pilkada Kutim sehingga hanya tersisa  Rp 58,6 miliar. “Ini satu-satunya daerah yang dana pencairan Pilkadanya terendah,” tandas Mendagri.

          Terkait permintaan Mendagri untuk melakukan pengecekan, Gubernur Kaltim Isran Noor menyebutkan ia segera memerintahan Itwilprov untuk melakukan audit. “Sesuai perintah Mendagri, tentu sebagai gubernur segera melaksanakan perintah Mendagri untuk segera dilaporkan ke Mendagri,” beber Isran.

          Sementara itu di kalangan KPU Kutim, diperoleh keterangan jika selama ini mereka kerap kesulitan untuk mendapatkan dana guna mendukung tahapan Pilkada, hal serupa juga dirasakan Bawaslu. “Seperti mengemis saja, selalu dijanji-janjikan saja. Agar kegiatan tetap berjalan sesuai tahapan, terpaksa ngutang,” beber sumber media ini.(SK8/SK3/SK5)