Beranda ekonomi Gunakan Mobil Water Cannon, Polres Kutim Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kota Sangatta

Gunakan Mobil Water Cannon, Polres Kutim Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kota Sangatta

136
0

SANGATTA (31/3-2020)

Ikut serta dalam upaya pencegahan dan memutuskan rantai penyebaran wabah Virus Corona atau Corona Virus Disease 19 (COVID-19) khususnya di Kota Sangatta, Selasa (31/3), personil Polres Kutai Timur yang dipimpin langsung Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo dan didukung tim gabungan dari Kodim 0909 Sangatta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, PMI, Damkar dan Satpol PP Kutim, melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak dan masif di wilayah hukum Polres Kutim. Yang tampak berbeda, pada kegiatan kali ini, Polres Kutim menurunkan kendaraan taktis Polri yakni mobil Armored Water Cannon (AWC), sebagai alat penyemprot disinfektan.

“Kegiatan (penyemprotan disinfektan, red) kali ini merupakan instruksi langsung dari Bapak Kapolri kepada seluruh jajaran Polda dan Polres seIndonesia, untuk turut bersama membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan memutus penyebaran wabah COVID-19, di masing-masing daerah. Sehingga hari ini dilakukan penyemprotan disinfektan serentak di Indonesia,” ujar Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo kepada awak media.

Lanjut Indras, melibatkan 215 personil gabungan Polri-TNI, BPBD Kutim, PMI, Damkar dan Satpol PP Kutim, kegiatan penyemprotan disinfektan ini menurunkan dua unit mobil Damkar, dua unit Jeep Fire BPBD Kutim, 75 unit alat penyemprot gendong serta 1 unit mobil taktis polri Armored Water Cannon (AWC). Sedangkan jumlah larutan disinfektan yang digunakannya sebanyak 16 ton.

“Sengaja kita gunakan unit taktis AWC, karena memang sangat refresentatif digunakan dalam kegiatan seperti ini. Unit AWC ini memang biasanya kita gunakan untuk menghalau massa saat terjadinya aksi demonstrasi, dengan menyemprotkan air ke arah demonstran. Namun kini lebih kita berdayakan untuk penyemprotan disinfektan di jalan. Sementara larutan disinfektan yang kita gunakan kali ini totalnya mencapai 16 ton disinfektan,” jelas Indras.

Sejak pukul 10.00-12.00 WITA, kegiatan penyemprotan ini menyisir di sepanjang poros Jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan protokol di Kota Sangatta, Jalan Soekarno-Hatta dan Sangatta Lama. Selain itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan pada sejumlah fasilitas pelayanan umum dan tempat ibadah, seperti perahu ponton penyeberangan, Pasar Teluk Lingga, Masjid Teluk Lingga, Kantor BRI Cabang Sangatta, Kantor Bank Kaltimtara Cabang Sangatta, serta beberapa tempat keramaian di wilayah hukum Polsek Sangatta.

“Dengan adanya kegiatan (penyemprotan disinfektan, red) ini, diharapkan mampu mencegah penyebaran wabah COVID-19 di wilayah Kabupaten Kutai Timur. Kemudian juga memberikan rasa aman, nyaman dan tentram bagi masyarakat Kutim tentang pencegahan COVID-19, serta mengurangi intensitas positif penyebaran wabah COVID-19 di wilayah Kutim,” ungkap Kapolres Indras.(SK3)