Beranda KABAR KALTIM Hari Ini Pasien Corona Sembuh 7 Yang Positif 7, Meninggal Dunia 1

Hari Ini Pasien Corona Sembuh 7 Yang Positif 7, Meninggal Dunia 1

69
0

SAMARINDA (1/8-2020)

                Memasuki bulan Agustus tahun 2020, jumlah pasien positif corona di Kaltim bertambah 7 orang dengan daerah sebaran Berau, Paser dan Samarinda. Sementara korban yang meninggal dunia tercatat 1 orang yakni di Paser, sedangkan pasien sembuh ada 7 orang yakni di Berau, Kutim dan Balikppaan.

                Plt Kadis Kesehatan Kaltim Andi Muhammad Ishak, dalam keterangan persnya menyebutkan penambahan pasien corona di Berau tercatat 2 orang, Paser tercatat 4 orang dan Samarinda 1 orang. Do Paser, pasien dengan kode PSR 115 seorang pria usia 53 tahun mempunyai riwayat kontak dengan kasus

konfirmasi positif Covid  sehingga kini  melakukan isolasi Mandiri, demikian PSR 116 yang baru berusia 5 tahun dan PSR 118  terkonfirmasi Positif Covid-19 asimtomatis dengan  riwayat ada kontak dengan PSR 100 namun kesemuanya  melakukan isolasi mandiri,” terangnya.

                Sementara di Samarinda, seorang warag Kalsel berusia 60 tahun yang diketahui  terkonfirmasi positif asimtomatis berdasarkan  pemeriksaan swab mandiri.

                Terkait pasien yang meninggal dunia, dijelaskan seorang pria warga Paser yang terkonfirmasi Covid-19 pada tanggal 17 Juli 2020 sehingga dirawat di RSU  Panglima Sebaya Paser dengan gejala demam, batuk, mual-muntah dan sesak nafas. Pasien, sebut Andi Ishak,  memiliki komorbid diabetes melitus dan hipertensi sehingga  dibantu  ventilator namun kondisis kesehatannya terus  memburuk dan dilaporkan meninggal dunia  pada tanggal  31 Juli 2020 pukul 17.00 Wita.

                Menyinggung pasien yang sembuh, dijelaskan ada 7 orang yakni di Beraus sebanyak 5 orang, kemudian di Kutim dan Balikpapan sama-sama 1 orang. “Di Kutim yang sembuh seorang pria usia 58 tahun dan melakukan isolasi mandiri sejak tanggal 21 Juli 2020,” sebut Andi Ishak.

                Dipenghujung keterangannya, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kaltim ini menerangkan jumlah pasien corona hingga Sabtu (1/8) sebanyak 1.433 orang, sembuh 910 orang, meninggal dunia 32 orang dan sedang dirawat 491 orang. Pasien terbanyak dirawat di Balikpapan, Samarinda dan Kukar sementara di Kutim tercatat 15 orang.(SK8)