Beranda ekonomi Hewan Kurban Banyak, Hanya Saja Daya Beli Masyarakat Menurun

Hewan Kurban Banyak, Hanya Saja Daya Beli Masyarakat Menurun

133
0
Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, Dadang Sudarya saat meninjau peternakan masyarakat.

SAMARINDA (28/6-2020)

Ketersediaan hewan kurban 1440 H di Kaltim, sata ini mencukupi meski belum banyak pedagang melakukan penjualan.  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Dadang Sudarya, kini sudah dipersiapkan  hewan untuk  kurban baik  sapi maupun kambing .

“Bahkan stoknya melebihi prediksi  dari kebutuhan  masyarakat pada hari raya kurban, Dinas Dinas Peternakan Kaltim  sudah menyiapkan  supaya tidak terjadi kukurangan baik untuk sapi maupun kambing yang dilakukan para peternak yang ada di daerah-daerah di Kaltim.

Selain dari pertenak lokal, kata dia, untuk hewan kurban sapi dan kambing juga didatangkan dari luar Kaltim seperti dari Sulteng, NTB, Jawa Timur  maupun daerah lainnya, sehingga pada intinya kebutuhan  hewan kurban  untuk Kaltim sangat  mencukupi.

” Insya Allah,  ketersediaan hewan kurban baik sapi maupun kambing  untuk Hari Raya Idul Adha nanti  mencukupi, karena selain persiapan dari para peternak di daerah-daerah di Kaltim, juga kita datangkan ribuan ekor dari luar Kaltim. Intinya masyarakat yang memerlukan hewan kurban  tidak perlu khawatir kekurangan stok hewan kurban, sebab dipastikan ketersediaaanya sangat mencukupi,” kata Dadang Sudarya seraya menyebut sederet harga sapi yang dijual.

Sebagai gambara, ungkapnya,  peternak penggemukan sapi  di Balikpapan saat ini mempunyai 1.200 ekor, Samarinda, Kutai Kartanegara ada  sekitar 1.500 ekor, belum lagi peternak dari daerah lainnya di Kaltim. “Kebutuhan  hewan kurban untuk tahun ini,  baik sapi maupun  kambing   sangat mencukupi hanya saja yang menjadi kekhawatiran banyak pedagang yakni daya beli masyarakat karena belum membaiknya ekonomi daerah maupun nasional akibat Corona,” kata pria yang kerap memakai topi koboi ini.(SK8)

.