Beranda kutim Ikut Jambore Internasional di Amerika Serikat, Bayar Rp47,9 Juta Perorang

Ikut Jambore Internasional di Amerika Serikat, Bayar Rp47,9 Juta Perorang

1481
0
Wakil Kutim yang akan ikut berlaga di Jambore Internasional Tahun 2019 di Amerika Serikat

SANGATTA (15/7-2019)

                Tiga anggota Pramuka Kwarcab Kutim akan mengikuti Jambore Dunia ke-24 atau World Scout Jamboree yang digelar di Summit Bechtel Family National Scout Reserve West Virginia Amerika Serikat. Acara yang digelar 22 Juli hingga 4 Agustus nanti, bakal diikuti sejumlah perwakilan Pramuka se Indonesia dan dunia.

                Wakil Bupati Kasmidi Bulang sebagai Ketua Kwarcab Kutim, Senin (15/7) menerangkan, duta Kutim yang diberangkatan ke Amerika Serikat terdiri  Rinanda dan Nadira – siswa SMAN  2 Sangatta Utara, dan  Rani dari  SMPN 1 Kongbeng. “Mereka diberangkatkan dengan berbagai pinilain, selama ini Kwarcab  Kutai Timur aktif  mewakili  Indonesia ke jambore internasional,” terang Kasmidi.

Terpisah, Sekretaris Kwarcab Kutai Timur Supratman menerangkan, duta Kutim  telah mengikuti seleksi program jambore dunia diantaranya seleksi kemampuan berbahasa asing dan seleksi kepramukaan. “Diharapkan  setelah mengikuti kegiatan di Amerika nanti,  mereka memiliki kemampuan untuk mengembangkan dunia kepramukaan di Kutai Timur,” terangnya.

                Untuk mengikuti Jambore Internasional di Amerika Serikat ini,  Kwarnas Gerakan Pramuka menetapkan setiap peserta dan pendamping wajib membayar biaya sebesar Rp47,9 juta terdiri tiket pesawat Jakarta – Charlotte Douglas Internasional Airport, visa, akomodasi dan konsumus sebesar Rp37 juta, pendaftaraan kepesertaan RpRp8,9 juta, Perlengkapan dan biaya pemantapan Rp2 juta.

                Kutim kabarnya selain peserta 3 orang akan menyertakan pendamping dan peninjau sehingga diperkirakan untuk mengikuti Jambore Internasional di Amerika ini, dana yang digunakan sekitar Rp300 juta termasuk transportasi Sangatta – Jakarta dan uang saku peserta.(SK3)