Beranda ekonomi Ismu Berharap Air Terjun MPS Jadi Sumber PLTA

Ismu Berharap Air Terjun MPS Jadi Sumber PLTA

670
0
Air terjun di Desa Mandu Pantai Sejahtera (MPS) Sangkulirang.

SANGATTA (5/5-2017)
Melihat potensi air terjun di Mandu Pantai Sejahtera (MPS) Sangkulirang yang diperkirakan mampu membangkitkan tenaga listrik, ditambah kondisi Desa MPS yang masih kesulitan mendapatkan listrik, Bupati Kutim Ismunandar berencana menjadikan air terjun MPS selain sebagai obyek wisata juga sumber pembangkit tenafa listrik.
Saat menghadiri penutupan TMMD 98 Tahun 2017 di MPS, ia menyebutkan dalam kondisi kering, debit air yang ada di air terjun MPS tidak mengalami penurunan. “Selain ketinggiannya yang lumayan yakni 20 meter, arusnya juga layak menjadi pembangkit PLTA bahkan di beberapa daerah dengan debit kecil saja sudah mampu,” ujar Ismu seraya menerangkan PLTA yang dibuat warga Kaliorang seraya menyebutkan tingkatan air terjun MPS.
Ismu yakin PLTA MPS bisa diwujudkan dalam waktu tidak lama, bahkan ia mendorong pembangunannya bisa dilakukan melelaui program desa yang digalakan Pemkab Kutim melalui dana desa minimal Rp2 M.
Orang nomor satu di Pemkab Kutim menilai PLTA merupakan pembangkit listrik yang mudah dioperasikan, selain itu murah asal pengawasan ketat. “Sumber listriknya akan dibangun melalui arus sungai memutar kincir air sehingga dynamo bisa bergerak, sedangkan berapa kemampuan daya yang dihasilkan tergantung besarnya dynamo yang terpasang karenanya tidak ada sama sekali menggunakan BBM,” bebernya.
Warga MPS mengakui mereka salama ini menggunakan listrik dalam waktu terbatas, karena harga BBM mahal serta langka. “Kami berharap, bisa menikmati listrik sehari semalam tapi karena BBM mahal terpaksa terbatas kalau mau nyala ya dalam waktu terbatas dan keperluan khusus,” ungkap Rahman seraya mendukung pembangunan PLTA MPS.(SK12)