Beranda kutim adv pemkab Ismu dan Kasmidi Sampaikan LKPJ Tahun 2018 ke DPRD Kutim

Ismu dan Kasmidi Sampaikan LKPJ Tahun 2018 ke DPRD Kutim

112
0

SANGATTA  (26/3-2019)

 Bupati Kutai Timur (Kutim)  Ismunandar bersama Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang  menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran (TA) 2018 ke DPRD Kutim,  Selasa (26/3).

Bupati Ismunandar menyerahkan dokumen LKPJ ke Ketua DPRD Mahyunadi

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, dihadiri seluruh anggota DPRD, Unsur Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Masyarakat, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Mewakili Bupati, Wabup membacakan isi LKPJ yang merupakan tahun ketiga pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Tahun 2016-2021 dengan Visi, terwujudnya Kemandirian Kutim Melalui Pembangunan Agribisnis dan Agorindustri yang  mewujudkan visi Kutim yang ditetapkan di 5 misi pembangunan.   “Berturut-turut dari 2016-2017 Kutim memperoleh opini BPK wajar tanpa Perkecualian (WTP). Oleh karena itu Kutim ditahun 2018 optimis memperoleh WTP kembali,” kata Kasmidi dalam saat membacakan LKPJ Tahun 2018.

Dalam pengembangkan mekanisme pelayana publik yang inovatif melalui teknologi Pemkab merumuskan pengembangan Smart City dalam sebuah masterplan pedoman pengembangan ke depan.Terkait realisasi pendapatan daerah Kutim mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 84,11 persen dan target proyeksi pendapatan daerah sebesar 3,75 triliun dan mampu terealisasikan sebesar 3,15 triliun. Namun, sumber pendanaan pembangunan berasal dari  pendapatan transfer yaitu 89,56 persen adapun Pendapatan Asli Daeerah (PAD) sebesar 4,57 persen selebihnya bersal dari lain-lain pendapatan yang sah dengan kontribusi sebesar 5,86 persen, mengingat menurunnya pendapatan transfer dari pemerintah pusat dengan fokus PAD  mengoptimalkan sumber-sumber pajak dan retribusi daerah.

Dijelaskan, realisasi belanja daerah pada tahun 2018  sebesar Rp 2,29 Triliun kemudian komponen belanja daerah 2018 mencapai sebesar Rp 3,16 . “Semua sudah melalui penbahasan dan kerja keras semua pihak termasuk DPRD Kutim,” kata Kasmidi.

                LKPJ yang dibacakan Wabup Kasmidi Bulang diserahkan Bupati Ismunandar ke Ketua DPRD Mahyunadi, diiringi aplusan undangan.(ADV-Humas Setkab Kutim)