Beranda kesehatan Ismu Janjikan Pasukan Kuning Masuk BPJS Kesehatan

Ismu Janjikan Pasukan Kuning Masuk BPJS Kesehatan

43
0
BERBAGI

SANGATTA (10/4-2018)
Tugas seorang petugas kebersihan jalanan dan sampah atau yang biasa disebut pasukan kuning, sangatlah besar dan berat. Selain sejak pagi buta sudah harus beraktivitas membersihkan jalanan dan memungut sampah di Kota Sangatta, ditambah lagi resiko pekerjaan yang berada di jalanan yang bisa tertabrak kendaran bermotor.
Prihatin dengan nasib pasukan kuning, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar akan meneyertakan anggota pasukan kuning dalam kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Dikatakan, selain faktor keselamatan dalam bekerja, tentunya tugas pasukan kuning yang setiap hari harus sudah beraktivitas dari subuh juga rentan terpapar penyakit. Setiap pasukan kuning, ujar Ismu, wajib memiliki jaminan kesehatan dalam program JKN minimal saat sakit dan berobat, tidak dipungut biaya terlebih sejak tahun 2017, pemkab sudah menanggung iuran BPJS Kesehatan bagi Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D).
Untuk mewujudkan harapannya, Ismu minta Dinas LH Kutim untuk segera mengajukan usulan kepada Sekretaris Daerah pendaftaran kepersertaan pasukan kuning pada BPJS Kesehatan. Selain itu, Ismu juga meminta kepada Sekda Kutim Irawansyah, untuk menyelesaikan hutang gaji pasukan kuning pada bulan Desember tahun lalu yang tidak bisa dibayarkan oleh Pemkab Kutim. “Penyelesaian hutang gaji pasukan kuning ini dimasukkan pada usulan pembayaran pendahuluan anggaran pada APBD murni tahun ini,” pesannya.(ADV-KOMINFO)