Beranda kesehatan Ismu : Nasib TPA Batota Menunggu Hasil Kajian Tim

Ismu : Nasib TPA Batota Menunggu Hasil Kajian Tim

543
0
TPA Batota Sangatta Utara yang dinilai tak layak fungsi.

SANGATTA (15/11-2017)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) menunggu hasil kajian terkait pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batota Sangatta Utara, untuk menjadi dasar Pemkab mengambil langkah-langkah strategis kebijakan pemerintah,
Bupati Kutai Timur, Ismunandar berharap TPA Batota dapat dikelola secara benar, termasuk melengkapi beberapa fasilitas dan mesin penunjang operasional seperti mesin pencacah sampah dan mesin pendorong sampah yang belum dimiliki.
Ismu berharap, Dinas Lingkungan Hidup Kutim melakukan kajian terkait pengelolaan TPA Batota. “Hingga kini memang hasil kajian itu belum ada laporannya,” kata Ismu ketika ditanya sejumlah wartawan.
Jika nantinya dari hasil kajian menyarankan pemerintah kutim memindahkan lokasi TPA Batota Ke tempat lain, Ismu menegaskan mengikuti hasil kajian . “Jika memang harus dipindah, maka pihaknya akan mencari lokasi yang lebih layak dan refresentatif sebagai tempat pembuangan akhir sampah. namun tentunya juga tidak mengganggu lingkungan masyarakat,” sebutnya.
Ismu menambahka, saat ini Tim Adipura Pemkab Kutim melakukan kajian dan perhitungan-perhitungan terkait pengelolaan TPS Batota karena sudah beberapa kali Kutai Timur luput mendapatkan penghargaan Adipura akibat karena buruknya pengelolaan TPA Batota. “Nantinya a akan dihitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan dari mana sumber pendanaannya,” sebut Ismu seraya berharap TPA Batota bisa seperti TPA di Surabaya.(SK3)