Beranda hukum Ismu Harapkan Gerakan Bayar Pajak Massal Digalakan

Ismu Harapkan Gerakan Bayar Pajak Massal Digalakan

173
0

SANGATTA (10/10-2018)
Bupati Kutim Ismunandar berharap program bayar pajak massal yang digagas Bapenda Kutim, motivasi masyarakat untuk sadar dan taat pajak. Dalam jumpa pers di lantai 2 GSG Pemkab Kutim Rabu (10/10) menurut Iismu, kegiatan yang kali pertama dilaksanakan Bapenda Kutim bekerjasama dengan Bapenda Kaltim dan Kanwil Pajak Kaltim dan Kaltara, diakuinya sudah memompa semangat warga untuk bayar pajak.
Meski demikian, ia mengingatkan tidak hanya untuk memotifasi masyarakat agar taat pajak, Pemkab Kutim harus seefisien mungkin menggunakan dan membelanjakan dana yang dihimpun dari pajak masyarakat. “Selain itu, pajak yang dipungut dari masyarakat, dirasakan kembali manfaatnya oleh masyarakat Kutim sendiri secara keseluruhan. Baik itu untuk peningkatan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, air bersih dan hal lainnya, yang memang mengarah pada upaya mensejahterakan masyarakat,” ungkap Ismu.
Dalam jumpa pers yang dihadiri Wabup Kasmidi Bulang, Wakil Ketua DPRD Yulianus Palangiran, Sekda Irawansyah, Samon Jaya – Kepala Kantor Wilayah Dirjen Pajak Kaltimtara, Kepala Kantor Pratama Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bntang, Kepala Samsat Sangatta serta GM KPC Wawan Setiawan, serta Kepala Bapenda Kutim Musyaffa, ditegaskan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, tidak menutup kemungkinan masyarakat juga akan lebih tertib dan taat dalam membayar pajak.
Menurut orang nomor 1 di Pemkab Kutim ini, pelaksanaan pembayaran pajak massal serentak yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia, berlanjut setiap tahunnya. Meski pada tahun-tahun mendatang pencatatan dalam rekor Musium Rekor Indonesia bukan lagi menjadi target utama.
“Ini menjaga konsistensi masyarakat Kutim dalam membayar pajak. Selain itu, Pemkab Kutim juga akan terus mengali sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang bisa dijadikan sumber pajak dan retribusi daerah. Sedangkan sebelas pajak daerah yang telah ada saat ini, akan terus dimaksimalkan pengelolaannya,” pesan Ismu.(SK3/SK4)