Beranda kutim Ismunandar Puji Kepedulian PT Kayan Yang Membangun SMK di Pelawan

Ismunandar Puji Kepedulian PT Kayan Yang Membangun SMK di Pelawan

747
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (13/3)
Bupati Kutim Ismunandar memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Yayasan Kayan Makmur (YKM) yang ikut mendukung program peningkatan kualitas SDM di Kutim. Penilaian itu, dikemukan Ismunandar berkaitan dengan rencana pembangunan SMK Tridaya Harapan di Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang.
Menurut Ismunandar, keberhasilan pembangunan di Kutim tidak terlepas dari pendidikan baik formal maupun non formal. Pendidikan kejuruan, diakuinya merupakan salah satu kunci untuk mencetak tenaga kerja yang siap pakai dan berdaya saing. “Berkembangnya sektor pertambangan dan perkebunan di Kutim, saat ini membutuhkan tenaga kerja yang andal dibidangnya sementara kondisi itu belum disediakan secara matang sehingga banyak formasi yang ada diisi dari luar , kondisi nantinya akan terbalik jika SMK-SMK yang ada termasuk SMK Tridaya Harapan berhasil mencetak siswanya,” ujar Ismunandar.
Diungkapkan, pasar kerja yang terbuka selama ini harus disikapi dengan semakin meningkatkan kualitas anak didik sehingga serbuan tenaga kerja asing seirama diberlakukannya MEA, bisa dilawan dengan tersedianya tenaga kerja yang siap dan andal. “Jangan MEA, tenaga kerja dari Eropa sekalian datang akan mampu disaingi jika generasi muda Indonesia khususnya Kutim dipersiapkan sehingga lapangan kerja yang terbuka tidak bisa jatuh ke tangan pekerja asing,” tandas Ismunandar.
Ia berharap pola yang dikembangkan YKM, ditiru perusahaan lainnya. Pasalnya, setiap tahun diakuinya jumlah tenaga kerja di Kutim mengalami peningkatan. Apa yang dilakukan YKM, sesuai atau sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 yakni bertumbuh pada Agribisnis. “Pemerintah tidak hanya mendukung 100 persen tetapi kalau bisa 1000 persen, diharapkan di kecamatan-Kecamatan lainnya untuk mendirikan Sekolah yang model seperti SMK Tridaya Harapan yang dikelola YKM,” harapnya seraya memerintahkan Kepala Dikbud membuat rekomendasi untuk izin mendirikan SMK tersebut kepada Dinas Pendidkan Provinsi Kalimantan Timur.
Seperti diwartakan, PT Kayan Makmur yang bergerak di sektor perkebuna kelapa sawit di Sangkulirang melalui YKM akan membangun SMK yang diperuntukan bagi anak karyawan serta masyarakat sekitar perusahaan. Proyek besar yang dibiayai secara utuh oleh YKM, dijadwalkan tahun ini sudah beroperasi. (SK-04/SK-14)