Beranda hukum Isran : DD Jangan Hanya Untuk Fisik

Isran : DD Jangan Hanya Untuk Fisik

175
0

SANGATTA (29/6-2019)

Gubernur Kaltim  Isran Noor, mengingatkan aparat desa untuk memanfaatkan Dana Desa (DD) lebih maksimal dan tidak fokus untuk pembangunan fisik atau infrastruktur semata namun non fisik juga diperhatikan.

Saat menghadiri puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (KKG) PKK Tahun 2019 se Kaltim di Sangatta, ia menandaskan masalah pendidikan dan kesehatan juga menjadi bagian penting dalam proses pembangunan masyarakat.

“Besarnya  dana desa menjadi hal yang sangat luar biasa minimal satu  desa mendapatkan  Rp 800 juta  bahkan ada yang mencapai   Rp 3,5 miliar  seperti di Desa Mekar Baru Kecamatan Busang, karena itu dananya harus benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin agar tujuan DD itu tercapai namun jangan lupa non fisik seperti pembinaan moralitas, keagamaan,   pendidikan, kesehatan serta peningkatan SDM lainnya,” pesannya.

Mantan Bupati Kutim ini mengakui  umumnya penggunaan DD  saat ini sudah mengena sasaran yang diharapkan pemerintah. Ini terlihat dari pembangunan infrastruktur di  pedesaan dimana kondisi jalan dan gang ataul lorong semakin baik karena telah disemenisasi.

Perbaikan dan pembangunan fasilitas umum  desa seperti rumah ibadah, kantor desa, balai pertemuan umum, diakui juga membaik. “Sakali lagi,  jangan sampai melupakan pembangunan hal-hal yang bersifat non fisik, berupa perbaikan kejiwaan, akhlak dan budi pekerti masyarakat, melalui pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat yang anggarannya bisa diambil dari DD,” pesan Isran dalam sambutannya yang kerap membuat ketawa undangan.(SK3)