Beranda kutim Jalan di BP Amblas, Perlu Dana Besar

Jalan di BP Amblas, Perlu Dana Besar

70
0
BERBAGI
Jalan Soekarnop Hatta Sangatta yang amblas sehingga ditutup.

SANGATTA (13/7-2018)
Beberapa titik jalan di pusat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) Sangatta Utara, mulai mengalami penurunan badan jalan atau amblas. Namun, karena keterbatasan anggaran yang ada, terpaksa hingga saat ini belum juga dilakukan perbaikan hingga menunggu kepastian anggaran tahun depan.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim, Aswandini Eka Tirta menyebutkan badan yang amblas yakni dekat monumen pesawat nomad TNI-AL, Persimpangan laboratorium PU Kutim. “Beberapa ruas badan jalan ini sudah terlihat menganga dengan lubang cukup lebar, bahkan ada yang sudah ambalas seperti di Monumen Pesawat. Sehingga terpaksa ruas jalan dari arah Kantor Satpol PP Kutim atau Rumah Jabatan Bupati ditutup sementara dan dialihkan menggunakan ruas jalan dari arah berlawanan, untuk jalur dua arah kendaraan. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi jalan semakin amblas dan membahayakan pengguna jalan,” sebut Aswan.
Disebutkan, beberapa titik ruas jalan di kawasan Bukit Pelangi diketahui tanahnya berstruktur labil karena merupakan jalur perlintasan air bawah tanah sehingga tambat laun tergrus dan menyebabkan badan jalan menjadi turun.
Menurut Aswan, kondisi ini juga pernah terjadi di ruas jalan menuju rumah jabatan Bupati Kutim. Karenanya, selain harus menghentikan aliran air, juga harus membangun turap atau penahan agar tanah tidak longsor. “Sayangnya saat ini, karena kondisi keuangan minim tidak mungkin dilakukan perbaikan segera karena perkiraan pembiayaan menghabiskan dana antara Rp 3 miliar hingga Rp 4 miliar, hanya untuk mengembalikan kondisi jalan agar bisa seperti semula,” sebut Aswan.(SK2)